ADHICAHYO, KUKUH (2023) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW) UNTUK MENGEVALUASI KINERJA DAN KETENTUAN JAM MENGAJAR GURU DI SMKS TRIATMAJAYA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715051130_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715051130_ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051130_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051130_BAB 2 KAJIAN TEORI .pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051130_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051130_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUUP)
1715051130_BAB 5 PENUTUP.pdf Download (29kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051130_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (256kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715051130_LAMPIRAN .pdf Download (4MB) |
Abstract
SMKS Triatmajaya Singaraja merupakan penyelenggara pendidikan dalam bidang pariwisata, banyaknya minat peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada sekolah karena mutu berkualitas. Pelaksanaan penjaminan mutu yaitu evaluasi kinerja atau supervisi pada sekolah yang masih manual menimbulkan hasil penilaian bersifat subjektif sehingga penilaian tidak terukur mempengaruhi kinerja dan ketentuan jam mengajar guru yang dirasa tidak adil, kesalahan penilaian bersifat kecil atau besar berdampak kepada tenaga pendidik serta mutu sekolah, waktu tidak efisien bagi penilai karena indikator penilaian setiap tahun menyesuaikan. Untuk itu dikembangkan sebuah sistem pendukung keputusan dengan metode SAW Simple Addiptive Weighting untuk membantu penilaian agar lebih objektif, menimalisir kesalahan kecil maupun besar, dan mempercepat proses penilaian. Terdapat 6 kriteria sebagai acuan penilaian sekolah yaitu RPP, Media, Pelaksanaan, Kepribadian, Kualitas, Kuantitas, subkriteria sebagai objektifitas nilai, dan alternatif sebagai yang dinilai tenaga pendidik. Penelitian ini berjenis research and development menggunakan Metode SDLC dengan model waterfall terdiri dari 4 tahapan yaitu analisis (requirements), desain (design), implementasi (implementation), verification (verifikasi). Terdapat 3 pengujian yang dilakukan yakni verifikasi blackbox mendapatkan hasil presentase 100%, verifikasi whitebox mendapatkan hasil presentase 100%, uji respon pengguna dibagi menjadi 3 bagian yaitu pengguna (1) admin dengan hasil presentase 100%, pengguna (2) wakakurikulum dengan hasil presentase 96,6%, pengguna (3) tenaga pendidik dengan hasil presentase 94%. Penelitian ini berhasil merancang dan mengimplementasikan sistem pendukung keputusan menggunakan metode saw dengan baik, setelah melewati tahapan verifikasi blackbox dan whitebox. Pengujian pada setiap 3 respon pengguna masing-masing juga mendapatkan rentang yang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi, Sistem Pendukung Keputusan, SAW |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | KUKUH ADHICAHYO |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 09:37 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 09:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13785 |
Actions (login required)
View Item |