SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW) UNTUK MENGEVALUASI KINERJA DAN KETENTUAN JAM MENGAJAR GURU DI SMKS TRIATMAJAYA SINGARAJA

ADHICAHYO, KUKUH (2023) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW) UNTUK MENGEVALUASI KINERJA DAN KETENTUAN JAM MENGAJAR GURU DI SMKS TRIATMAJAYA SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051130_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051130_ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051130_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051130_BAB 2 KAJIAN TEORI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715051130_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051130_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUUP)
1715051130_BAB 5 PENUTUP.pdf

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051130_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (256kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051130_LAMPIRAN .pdf

Download (4MB)

Abstract

SMKS Triatmajaya Singaraja merupakan penyelenggara pendidikan dalam bidang pariwisata, banyaknya minat peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada sekolah karena mutu berkualitas. Pelaksanaan penjaminan mutu yaitu evaluasi kinerja atau supervisi pada sekolah yang masih manual menimbulkan hasil penilaian bersifat subjektif sehingga penilaian tidak terukur mempengaruhi kinerja dan ketentuan jam mengajar guru yang dirasa tidak adil, kesalahan penilaian bersifat kecil atau besar berdampak kepada tenaga pendidik serta mutu sekolah, waktu tidak efisien bagi penilai karena indikator penilaian setiap tahun menyesuaikan. Untuk itu dikembangkan sebuah sistem pendukung keputusan dengan metode SAW Simple Addiptive Weighting untuk membantu penilaian agar lebih objektif, menimalisir kesalahan kecil maupun besar, dan mempercepat proses penilaian. Terdapat 6 kriteria sebagai acuan penilaian sekolah yaitu RPP, Media, Pelaksanaan, Kepribadian, Kualitas, Kuantitas, subkriteria sebagai objektifitas nilai, dan alternatif sebagai yang dinilai tenaga pendidik. Penelitian ini berjenis research and development menggunakan Metode SDLC dengan model waterfall terdiri dari 4 tahapan yaitu analisis (requirements), desain (design), implementasi (implementation), verification (verifikasi). Terdapat 3 pengujian yang dilakukan yakni verifikasi blackbox mendapatkan hasil presentase 100%, verifikasi whitebox mendapatkan hasil presentase 100%, uji respon pengguna dibagi menjadi 3 bagian yaitu pengguna (1) admin dengan hasil presentase 100%, pengguna (2) wakakurikulum dengan hasil presentase 96,6%, pengguna (3) tenaga pendidik dengan hasil presentase 94%. Penelitian ini berhasil merancang dan mengimplementasikan sistem pendukung keputusan menggunakan metode saw dengan baik, setelah melewati tahapan verifikasi blackbox dan whitebox. Pengujian pada setiap 3 respon pengguna masing-masing juga mendapatkan rentang yang sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Sistem Pendukung Keputusan, SAW
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: KUKUH ADHICAHYO
Date Deposited: 06 Feb 2023 09:37
Last Modified: 06 Feb 2023 09:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13785

Actions (login required)

View Item View Item