PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF”PENGENALAN HEWAN DAN TUMBUHAN” PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN METODE GAMEFIKASI UNTUK SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS : SDN 2 BATUR)

Ryan Shebastian, I Gede (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF”PENGENALAN HEWAN DAN TUMBUHAN” PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DENGAN METODE GAMEFIKASI UNTUK SISWA KELAS II DI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS : SDN 2 BATUR). Undergraduate thesis, Universtitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1515051055-COVER.pdf

Download (413kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1515051055-ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051055-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051055-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1515051055-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051055-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051055-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051055-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1515051055-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat sudah masuk kesemua sektor kehidupan, di sektor pendidikan perkembangan tenologi memberikan dampak yang besar dalam proses belajar mengajar, dengan bantuan teknologi mulai berkembang metode atau konsep – konsep baru yang bertujuan untuk membantu dalam guru dalam proses belajar mengajar salah satunya adalah pengembangan media pembelajaran. Perancangan media pembelajaran interaktif berkonsep gamification menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu Concept, Design, Material collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Implementasi dari media pembelajaran interaktif berkonsep gamification pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam dilakukan melalui alpha testing dan beta testing. Rata-rata respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berkonsep gamification yaitu 90%. Media pembelajaran digunakan sebagai panduan belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus pada siswa serta membantu proses belajar siswa di sekolah. Ini dibuktikan dengan hasil respon siswa yaitu 90% jika dikonversikan kedalam tabel respon siswa termasuk dalam kategori Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Teknologi, Siswa Sekolah Dasar, Mata Pelajaran Ilmu pengetahaun alam, Gamification, Media Pembelajaran Interaktif, Sarana dan Prasarana.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Gede Ryan Shebastian
Date Deposited: 25 Feb 2020 10:06
Last Modified: 25 Feb 2020 10:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item