Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan Kelas X di SMK Negeri 1 Gerokgak

Astuti, Ni Nyoman Susi (2023) Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan Kelas X di SMK Negeri 1 Gerokgak. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051113_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051113_ABSTRAK.pdf

Download (617kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1815051113_BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (766kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1815051113_BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1815051113_BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBEHASAN)
1815051113_BAB IV HASIL DAN PEMBEHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1815051113_BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051113_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (537kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051113_LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Penyampaian materi pada mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan masih menggunakan metode ceramah dan konten pembelajaran hanya berasal dari buku paket dan sumber dari internet sehingga menimbulkan hambatan dalam proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengimplementasikan serta mendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap pengembangan konten interaktif mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makan berstrategi discovery learning di kelas X SMK Negeri 1 Gerokgak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah research and development dengan model pengembangan ADDIE yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian ini akan dilakukan di kelas X Tata Boga dengan subjek penelitian yaitu 28 orang peserta didik. Berdasarkan tahapan yang telah dilalui, diperoleh sebuah produk pengembangan konten pembelajaran interaktif menggunakan teknologi Adobe Captivate yang didistribusikan melalui LMS Google classroom dengan perolehan koefisienan validasi ahli isi sebesar 1,00 yang berada pada kriteria “Sangat Valid” dan untuk tingkat validitas dengan koefisienan ahli media dan desain sebesar 1,00 berada pada kriteria “Sangat Valid”. Hasil perhitungan respons guru dan peserta didik menunjukan nilai rata – rata sebesar 42 dan 69,93 yang berada pada kategori “Sangat Positif” dan “Sangat Praktis”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, Konten Interaktif, Pengetahuan Bahan Makanan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Susi Astuti
Date Deposited: 15 Feb 2023 01:41
Last Modified: 15 Feb 2023 01:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13900

Actions (login required)

View Item View Item