Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Project IPAS Materi Anatomi dan Fisiologi Berbasis Problem Based Learning di SMK Negeri 1 Sukasada

Anggareni, Nengah Ayu Vinka (2023) Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Project IPAS Materi Anatomi dan Fisiologi Berbasis Problem Based Learning di SMK Negeri 1 Sukasada. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051073_COVER.pdf

Download (658kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051073_ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051073_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1815051073_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051073_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051073_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051073_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051073_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051073_LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan konten pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Project IPAS materi Anatomi dan Fisiologi berbasis Problem Based Learning di SMK Negeri 1 Sukasada serta mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap konten pembelajaran interaktif yang dikembangkan. Penelitin ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D), dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 33 orang peserta didik kelas X DKV 5 di SMK Negeri 1 Sukasada. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan konten pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Project IPAS materi Anatomi dan Fisiologi berbasis problem based learning dinyatakan valid, efektif, praktis, serta mampu meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan : (1) Hasil penilaian uji ahli isi serta uji ahli media dan desain memperoleh nilai sebesar 1,00 yang termasuk kedalam tingkat validitas “Sangat Valid”, (2) Hasil penilaian uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan memperoleh nilai masing-masing sebesar 92%, 91%, dan 90,87% yang mendapatkan kualifikasi “Sangat Baik”, (3) Hasil penilaian dari respon pendidik memperoleh nilai 38 yang termasuk kedalam kriteria “Praktis”, kemudian respon peserta didik memperoleh nilai 67,48 yang termasuk kedalam kriteria “Sangat Praktis”, (4) Perolehan nilai dari angket uji efektivitas dengan memberikan pre-test dan ¬post-test, memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,75 sehingga termasuk dalam kriteria “Efektif”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konten Pembelajaran Interaktif, Project IPAS, Problem Based Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QM Human anatomy
Q Science > QP Physiology
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Nengah Ayu Vinka Anggareni
Date Deposited: 15 Feb 2023 01:42
Last Modified: 15 Feb 2023 01:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13905

Actions (login required)

View Item View Item