yusufsantosa, Dedy (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR KULINER KELAS X DI SMK NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051107-COVER.pdf Download (689kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051107-ABSTRAK.pdf Download (208kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1815051107-BAB I.pdf Download (586kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN PUSTAKA)
1815051107-BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (734kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODOLOGI)
1815051107-BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051107-BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
1815051107-BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051107-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (366kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051107-lAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan dan mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran dasar-dasar kuliner kelas X di SMK Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian ini yang digunakan yaitu Research & Development (R&D), dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di kelas X di SMK Negeri 2 Singaraja kepada 35 peserta didik dan seorang guru yang mengampu mata pelajaran dasar-dasar kuliner. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar validasi ahli, angket uji coba perorangan, uji kelompok kecil, uji coba lapangan, uji coba respon peserta didik dan guru. Hasil dari perhitungan uji ahli isi, desain dan media pembelajaran masing-masing memperoleh skor sebesar 1,00 yaitu masuk tingkat validitas sangat tinggi. Uji efektivitas dengan memberikan pretest dan posttest memperoleh hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,59 yaitu masuk interpretasi tinggi, sedangkan untuk hasil perhitungan uji respon peserta didik dan guru memperoleh sebesar 84,42 dan 44 yaitu masuk kriteria sangat praktis . Maka dari itu penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis discovery learning pada mata pelajaran dasar-dasar kuliner menunjukan kriteria kualitas produk yaitu valid, sangat praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Discovery Learning, Dasar-Dasar Kuliner |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Dedy Yusuf Santosa |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 06:52 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 06:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13927 |
Actions (login required)
View Item |