PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY BOOK SIMULASI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN PADA MATAPELAJARAN IPA (STUDI KASUS KELAS VI- SD NEGERI 4 SUWUG)

Sudarmayana, I Gede Arya (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY BOOK SIMULASI PERKEMBANGBIAKAN HEWAN PADA MATAPELAJARAN IPA (STUDI KASUS KELAS VI- SD NEGERI 4 SUWUG). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1515051006-COVER.pdf

Download (574kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1515051006-ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1515051006-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1515051006-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality Book Perkembangbiakan Hewan pada platform Android, sebagai salah satu media untuk mempermudah dan memberikan daya tarik tersendiri dalam pemahaman materi perkembangbiakan hewan pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SD Negeri 4 Suwug. Pengembangan aplikasi Augmented Reality Book Perkembangbiakan Hewan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu tahap Analyze (Analisis), Design (Desain), Development (pengembangan), Impementation (Impementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Pada model ini dilakukan proses evaluasi disetiap tahap-tahap yang dilalui secara terus-menerus sehingga menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Hasil akhir dari pengembangan ini berupa aplikasi Augmented Reality Perkembangbiakan Hewan yang dapat digunakan melalui perangkat mobile dengan sistem operasi Android. Hasil akhir penelitian ini menunjukkan bahwa, aplikasi Augmented Reality Perkembangbiakan Hewan termasuk kedalam kriteria sangat baik. Hasil yang diperoleh berdasarkan uji black-box diperoleh presentase keberhasilan 100%, uji white-box diperoleh presentase keberhasilan 100%, uji ahli isi dan uji ahli media di proses dengan Teknik Gregory dengan rata-rata hasil perhitungan 1.00 jika dikonversi ke dalam tabel tingkat pencapaian kriteria validitas ahli termasuk Sangat Tinggi, dan untuk uji respon pengguna dengan persentase 93.4% sehingga masuk kedalam kriteria penilaian yaitu Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: augmented reality book, media pembelajaran, IPA, perkembangbiakan hewan, model ADDIE, android.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Gede Arya Sudarmayana
Date Deposited: 25 Feb 2020 11:09
Last Modified: 25 Feb 2020 11:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1403

Actions (login required)

View Item View Item