Dewi, Ni Nyoman Ayu Purnama (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA DENGAN MENGONTROL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS KI HAJAR DEWANTARA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031125-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031125-ABSTRAK.pdf Download (418kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031125-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (422kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031125-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (533kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031125-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031125-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (866kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031125-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031125-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031125-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap kompetensi pengetahuan matematika dengan mengontrol kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design dan rancangan desain analisis data Single Factor Independent group design with use of covariate. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 194 orang siswa dari 3 sekolah negeri yang berbeda. Seluruh populasi disetarakan dengan Uji Anava, setelah populasi dinyatakan setara, untuk pengambilan sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, lalu diperoleh kelompok eksperimen yaitu kelas VA di SD Negeri 9 Pedungan yang berjumlah 32 orang siswa, dan kelompok kontrol yaitu kelas VA di SD Negeri 14 Pedungan yang berjumlah sebanyak 30 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes berbentuk uraian. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial menggunakan Uji Anakova. Hasil analisis hipotesis diperoleh bahwa F-hitung (14.92) > F-tabel (4.00) dengan dk penyebut = 59 dan dk pembilang = 1 pada α = 5%, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model Problem Based Learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa setelah mengontrol Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Kompetensi Pengetahuan Matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Nyoman Ayu Purnama Dewi |
Date Deposited: | 18 Feb 2023 10:41 |
Last Modified: | 18 Feb 2023 10:41 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14033 |
Actions (login required)
View Item |