Ani, Ni Putu Sri Merry (2020) Implementasi Pemahaman Lintas Budaya Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang di Kelas XI BB 1 SMA Negeri 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512061017-COVER.pdf Download (344kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512061017-ABSTRAK.pdf Download (127kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512061017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (78kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512061017-BAB 2 KAJIAN TEORI-dikonversi.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512061017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512061017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (621kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512061017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512061017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512061017-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode yang digunakan guru dalam mengimplemetasikan pemahaman lintas budaya dalam pembelajaran bahasa Jepang di kelas XI BB 1 SMA Negeri 4 Singaraja dan kendala-kendala yang dihadapi guru serta cara mengatasi kendala tersebut. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Jepang dan siswa kelas XI BB 1. Objek penelitian ini adalah buku teks Nihongo Kirakira II dan metode yang digunakan untuk mengimplementasikan pemahaman lintas budaya. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi berupa silabus, RPP dan foto. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) metode pembelajaran yang digunakan guru untuk mengimplementasikan pemahaman lintas budaya dalam pembelajaran bahasa Jepang adalah commenting, comparing, intuitivism dan case study (2) dalam mengimplementasikan metode comparing dan commenting kendala yang dihadapi guru terkait istilah-istilah budaya serta informasi yang sedang dibahas. Tetapi kendala tersebut dapat diatasi guru dengan cara mencari sumber-sumber materi budaya lainnya. (2) dalam mengimplementasikan metode intuitivism, kendala yang dihadapi terkait keterbatasan media berupa gambar ilustrasi, video pembelajaran budaya dan alat peraga untuk praktek budaya seperti yukata. Tetapi kendala tersebut dapat diatasi guru dengan cara mencari gambar dan video dari sumber budaya lain dan untuk keterbatasan yukata, guru membentuk kelompok sehingga media dapat dimanfaatkan oleh semua siswa. Kata Kunci: implmentasi, pembelajaran bahasa Jepang, pemahaman lintas budaya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implmentasi, pembelajaran bahasa Jepang, pemahaman lintas budaya |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Sri Merry Ani |
Date Deposited: | 26 Feb 2020 06:17 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 06:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1423 |
Actions (login required)
View Item |