Saputra, Kadek Wira Adi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Pendeteksi Gelombang Elektromagnetik Berbasis Arduino Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas XII Jurusan IPA SMA Negeri 4 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051033-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051033-ABSTRAK.pdf Download (202kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051033-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (352kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051033-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051033-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051033-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051033-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051033-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051033-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Belum banyaknya fasilitas penggunaan media pembelajaran berupa alat praktikum di proses pembelajaran mata pelajaran Fisika dalam upaya pemahaman di aspek psikomotorik atau keterampilan siswa tidak bisa hanya menggunakan media pembelajaran seadanya yang tidak sesuai dengan kondisi pembelajaran saat ini, serta kurangnya inovasi dalam pengembangan maupun penambahan media pembelajaran sebagai fasilitas pendukung bahan ajar menyebabkan hambatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menghasilkan dan mengimplementasikan serta mendeskripsilkan respon guru dan siswa terhadap pengembangan media pembelajaran alat praktikum pendeteksi gelombang elektromagnetik berbasis Arduino pada mata pelajaran Fisika kelas XII jurusan IPA SMA Negeri 4 Singaraja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah reasearh & development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu, analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini ialah 31 orang peserta didik kelas XII jurusan IPA di SMA Negeri 4 Singaraja. Berdasarkan tahapan yang telah dilalui, diproleh sebuah produk media pembelajaran alat praktikum menggunakan teknologi Arduino yang di distribusikan serta di ujikan secara luring atau tatap muka dengan prolehan koefisien validitas ahli isi sebesar 1,00 berada pada kriteria "Sangat Valid" dan tingkat validitas dengan koefisien validitas ahli media sebesar 1,00 berada pada kriteria "Sangat Valid". Selain itu hasil rata-rata skor respon peserta didik sebesar 65,4 yang berada pada kriteria "Sangat Praktis" serta rata-rata skor respon guru sebesar 44 dalam kriteria "Sangat Praktis". Bagi pengembang media pembelajaran alat praktikum berbasis Arduino selanjutnya diharapkan agar dapat melakukan penyempurnaan dan juga penambahan fitur-fitur pada media isi dan pengemasan media pembelajaran yang dikembangkan sendiri diluar pengembangan media pembelajaran alat praktikum berbasis Arduino.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Media Pembelajaran, Praktikum, Berbasis Arduino |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Kadek Wira Adi Saputra |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 06:03 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 06:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14266 |
Actions (login required)
View Item |