Rohmaya, Nikmatur (2023) Pengembangan E-LKPD Kimia SMA/MA dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berkonteks Isu-isu Sosial Sains untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2123071012-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2123071012-ABSTRAK.pdf Download (247kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123071012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (291kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123071012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123071012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) | Request a copy |
|
Text (BAB HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123071012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2123071012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123071012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2123071012-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan karakteristik, validitas, kepraktisan, dan efektivitas E-LKPD kimia dengan model pembelajaran berbasis masalah berkonteks isu-isu sosial sains. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan untuk menghasilkan bahan ajar berupa E-LKPD Kimia SMA/MA dengan model pembelajaran berbasis masalah berkonteks isu-isu sosial sains yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Model pengembangan yang digunakan adalah adaptasi model 4D (four D-model) oleh Thiagarajan et al. (1974) yang tersusun atas tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan E-LKPD yang digunakan memiliki karakteristik berbentuk digital, disusun berdasarkan model pembelajaran berbasis masalah, terintegrasi isu-isu sosial sains, dan dilengkapi dengan latihan soal literasi sains. Hasil uji validitas menunjukkan E-LKPD yang disusun tergolong sangat valid ditinjau dari validitas isi dan bahasa, serta valid dari segi media. Berdasarkan penilaian guru dan peserta didik, E-LKPD tersebut tergolong sangat praktis. Hasil uji efektivitas menunjukkan E-LKPD tersebut efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, isu-isu sosial sains, literasi sains, model pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | NIKMATUR ROHMAYA |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 01:31 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 01:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14310 |
Actions (login required)
View Item |