Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Dilengkapi Animasi 2D Bahasa Jepang Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Jurusan Keperawatan di SMK Surya Medika Singaraja

Ariantari, Ni Putu Winda Tya (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Dilengkapi Animasi 2D Bahasa Jepang Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Jurusan Keperawatan di SMK Surya Medika Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812061006-COVER.pdf

Download (400kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812061006-ABSTRAK.pdf

Download (547kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812061006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812061006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812061006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812061006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812061006-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812061006-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812061006-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media berupa powerpoint interaktif dilengkapi animasi 2D. Media powerpoint interaktif ini berjumlah sembilan (9) media, setiap media terdiri dari kolom yang membahas kosakata, soal-soal, percakapan, dan latihan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yaitu Four-D (4D) oleh Thiagarajan, dkk (1974 : 5) yang memiliki empat (4) tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan memberikan kuisioner berupa angket uji ahli (uji ahli media, uji ahli materi) dan uji coba produk agar dapat menghasilkan produk yang baik. Berdasarkan hasil angket tersebut, skor yang diperoleh dari uji ahli media yaitu 98,52 (sangat sesuai), dari ahli materi yaitu 91,66 (sangat sesuai). Kemudian skor yang diperoleh pada hasil angket uji coba dengan guru yaitu 98,43 (sangat sesuai), serta uji coba terbatas bersama sepuluh (10) siswa kelas XI jurusan keperawatan yaitu 96% (sangat layak). Dengan demikian, media powerpoint interaktif dilengkapi animasi 2D yang dikembangkan ini dapat dijadikan sebagai penunjang pembelajaran bahasa Jepang, dapat menarik minat siswa dalam belajar bahasa Jepang, serta dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, PowerPoint Interaktif, Model Four-D, Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Ni Putu Winda Tya Ariantari
Date Deposited: 21 Feb 2023 13:58
Last Modified: 21 Feb 2023 13:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14368

Actions (login required)

View Item View Item