Lestari, Anggi Puspita (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA KULIAH KULINER NUSANTARA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN VOKASIONAL SENI KULINER UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1815051047-COVER.pdf Download (616kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1815051047-ABSTRAK.pdf Download (259kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051047-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (163kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051047-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051047-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051047-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051047-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051047-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1815051047-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Pengembangan media pembelajaran mata kuliah kuliner nusantara ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media yang dapat membantu proses pembelajaran bagi mahasiswa Pendidikan Vokasional Seni Kuliner (PVSK) yang berbasis problem base learning. Sebagaimana diketahui, program studi pengembangan yang ada pada jenjang perpendidikan tinggi yang ditujukan untuk menjadikan lulusannya sebagai tenaga keahlian yang terampil dibidangnya yaitu kuliner, sehingga dengan adanya media pembelajaran interaktif ini dapat menstimulus minat belajar mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research dan Development) dan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development. Implementation Evaluation). Penulis menggunakan bantuan Adobe Captivate dan blender dalam perancangan media pembelajaran ini. Adapun hasil dari uji validitas dari para ahli isi maupun media memberikan penilaian dengan nilai rata-rata 1,00 degan kriteria sangat valid. Kemudian dilanjutan dengan pengujian pada mahasiswa baik secara peorangan, kelompok kecil, hingga uji lapangan yang memperoleh hasil sangat positif. Selanjutnya untuk tahapan uji efektivitas diperoleh rata-rata 57,5 pada pembelajaran sebelum menggunakan media pembelajaran dan setelah menggunakan media pembelajaran interaktif memiliki nilai rata-rata 91,56. Serta tahapan akhir adalah uji respon pendidik dan peserta didik yaitu diperoleh nilai respons rata-rata dosen sebesar 47 dan nilai respon rata-rata mahasiswa sebesar 66. Jika dikategorikan hasil respons rata-rata dosen tersebut termasuk ke dalam “Sangat Positif”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Interaktif, Kuliner Nusantara, Problem Base Learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Anggi Puspita Lestari |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 02:38 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 02:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14472 |
Actions (login required)
View Item |