Wiguna, Gede Angga Juliasta (2023) UNDIKSHA VIRTUAL TOUR: PENGEMBANGAN APLIKASI WEBVR SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KAMPUS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615051072-COVER.pdf Download (575kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615051072-ABSTRAK.pdf Download (156kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051072-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (40kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051072-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051072-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051072-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051072-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (159kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615051072-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penggunaan teknologi webvr dalam Undiksha Virtual Tour memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menjelajah kampus dikarenakan dengan menggunakan virtual reality yang berbasis web maka pengguna dengan mudah bisa mengakses virtual tour dalam browser mereka dimanapun dan kapanpun dan aplikasi ini dapat berjalan secara dinamis dalam pengelolaan konten dan informasi didalamnya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle, dimana metode ini memiliki 6 (enam) tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Pengujian aplikasi ini menggunakan 4 instrumen pengujian yaitu blackbox testing, whitebox testing, SUS (System Usability Scale) dan User Experience, Respon pengguna terhadap aplikasi dapat diterima dengan baik, hal ini ditujukan dari uji respon menunjukkan impresi positif. satu skala masuk dalam kategori above average (diatas ratarata), yaitu skala Kejelasan. Skala daya Tarik, Efisiensi, dan Ketepatan termasuk kedalam katagori Good (baik). Skala Stimulasi dan Kebaruan termasuk kedalam kategori excellent (sangat baik). pada pengujian usability aplikasi UNDIKSHA Virtual Tour ini mendapatkan hasil 78% dimana hasil 78% ini termasuk dalam range skor ‘Good’. Secara kegunaan berdasarkan data aplikasi yang dikembangkan mendapatkan dari hasil respon yang sudah bisa diterima oleh pengguna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Virtual Reality, Virtual Tour, WebVR |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | GEDE ANGGA JULIASTA WIGUNA |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 02:44 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 02:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14486 |
Actions (login required)
View Item |