UNDIKSHA VIRTUAL TOUR: PENGEMBANGAN APLIKASI WEBVR SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KAMPUS

Wiguna, Gede Angga Juliasta (2023) UNDIKSHA VIRTUAL TOUR: PENGEMBANGAN APLIKASI WEBVR SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KAMPUS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615051072-COVER.pdf

Download (575kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615051072-ABSTRAK.pdf

Download (156kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051072-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (40kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051072-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051072-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051072-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051072-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615051072-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan teknologi webvr dalam Undiksha Virtual Tour memberikan kebebasan kepada pengguna untuk menjelajah kampus dikarenakan dengan menggunakan virtual reality yang berbasis web maka pengguna dengan mudah bisa mengakses virtual tour dalam browser mereka dimanapun dan kapanpun dan aplikasi ini dapat berjalan secara dinamis dalam pengelolaan konten dan informasi didalamnya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle, dimana metode ini memiliki 6 (enam) tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Pengujian aplikasi ini menggunakan 4 instrumen pengujian yaitu blackbox testing, whitebox testing, SUS (System Usability Scale) dan User Experience, Respon pengguna terhadap aplikasi dapat diterima dengan baik, hal ini ditujukan dari uji respon menunjukkan impresi positif. satu skala masuk dalam kategori above average (diatas ratarata), yaitu skala Kejelasan. Skala daya Tarik, Efisiensi, dan Ketepatan termasuk kedalam katagori Good (baik). Skala Stimulasi dan Kebaruan termasuk kedalam kategori excellent (sangat baik). pada pengujian usability aplikasi UNDIKSHA Virtual Tour ini mendapatkan hasil 78% dimana hasil 78% ini termasuk dalam range skor ‘Good’. Secara kegunaan berdasarkan data aplikasi yang dikembangkan mendapatkan dari hasil respon yang sudah bisa diterima oleh pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Virtual Tour, WebVR
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: GEDE ANGGA JULIASTA WIGUNA
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:44
Last Modified: 23 Feb 2023 02:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14486

Actions (login required)

View Item View Item