PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII

Pertiwi, Dewa Ayu Rika (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2023071012-COVER)
2129141009-Cover.pdf

Download (887kB)
[img] Text (2023071012-ABSTRAK)
2129141009-Abstrak.pdf

Download (146kB)
[img] Text (2023071012-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129141009-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (319kB)
[img] Text (2023071012-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129141009-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (2023071012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129141009-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (2023071012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129141009-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (2023071012-BAB 5 PENUTUP)
2129141009-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (2023071012-DAFTAR PUSTAKA)
2129141009-Daftar Pustaka.pdf

Download (255kB)
[img] Text (2023071012-LAMPIRAN)
2129141009-Lampiran.pdf

Download (532kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD untuk mendukung implementasi model Inkuiri terbimbing berorientasi proyek yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D, meliputi 1) define (pendefinisian), (2) design (perancangan), (3) develop (pengembangan) dan (4) disseminate (penyebaran). Instrumen data yang digunakan adalah angket validitas, angket kepraktisan dan tes keterampilan proses sains dan hasil belajar berupa pilihan ganda. Kelayakang LKPD yang dihasilkan diuji melalui uji validitas, uji kepraktisan dan uji efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) koefisien validitas gregory oleh ahli materi adalah 1.00 dengan kualifikasi sangat valid, rata-rata skor validitas bahasa adalah 88 dengan kualifikasi sangat valid dan rata-rata skor validitas media adalah 100 dengan kualifikasi sangat valid. (2) Hasil uji kepraktisan oleh guru dengan rata-rata 94,4 dengan kualifikasi sangat praktis dan oleh peserta didik dengan rata-rata 93,16 dengan kualifikasi sangat praktis. (3) Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa (a) keterampilan proses sains memenuhi syarat efektivitas dengan N-Gain ternormalisasi 0,52 yang termasuk kriteria sedang, (b) hasil belajar memenuhi syarat efektivitas dengan N-Gain ternormalisasi 0,44 yang termasuk kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) LKPD memiliki karakteristik sesuai dengan model Inkuiri terbimbing berorientasi proyek, (2) LKPD telah memperoleh penilaian yang valid, (3) LKPD telah memperoleh penilaian yang praktis, dan (4) LKPD efektif meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Inkuiri Terbimbing, KPS, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Dewa Ayu Rika Pertiwi
Date Deposited: 22 Feb 2023 22:37
Last Modified: 22 Feb 2023 22:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14586

Actions (login required)

View Item View Item