Ananda Novi Purnama Sari, Ketut (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI MARKERLESS AUGMENTED REALITY SEJARAH PERJUANGAN “I GUSTI KETUT JELANTIK". Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1515051100-COVER.pdf Download (862kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051100-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051100-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1515051100-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051100-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051100-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051100-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (320kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1515051100-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Pengembangan Aplikasi Markerless Augmented Reality Sejarah Perjuangan I Gusti Ketut Jelantik ini merupakan aplikasi Markerless Augmented Reality tanpa marker buatan yang menceritakan tentang sejarah perjuangan I Gusti Ketut Jelantik dalam bentuk animasi 3 dimensi yang disertai dengan narasi yang menggunakan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Cerita dari I Gusti Ketut Jelantik ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui, terbukti dari angket yang disebar peneliti. Selain itu kondisi di Museum Soenda Ketjil kurang memiliki inovasi baru sehingga pengunjung museum tersebut mengalami penurunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan inovasi penemuan baru yang nantinya dapat menambah wawasan masyarakat tentang riwayat hidup dari I Gusti Ketut Jelantik. Aplikasi Markerless Augmented Reality Sejarah PerjuanganI Gusti Ketut Jelantik akan dikembangkan dengan Metode Research and Development (R&D) dan model penelitian yang digunakan adalah model MDLC yang terdiri dari enam tahap yaitu : Concept (pengonsepan), design (perancangan), Material Collecting (pengumpulan bahan), Assembly (Pembuatan), Testing (pengujian) dan Distribution (distribusi). Hasil akhir dari pengembangan ini berupa aplikasi Markerless Augmented Reality Sejarah Perjuangan I Gusti Ketut Jelantik yang dapat digunakan melalui perangkat mobile dengan sistem operasi Android. Hasil akhir penelitian ini masuk dalam kriteria sangat baik. Hasil yang diproleh dari black-box diproleh presentase keberhasilan 100%, uji ahli isi dan uji ahli media di proses dengan Teknik Gregory dengan rata-rata hasil perhitungan 1.00 jika dikonversi ke dalam tabel tingkat pencapaian kriteria validitas ahli termasuk Sangat Tinggi, dan untuk uji respon pengguna dengan presentase 93.8% sehingga masuk dalam kriteria penilaian yaitu Sangat Baik. Kata Kunci :Markerless Augmented Reality I Gusti Ketut Jelantik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Markerless Augmented Reality I Gusti Ketut Jelantik |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Ketut Ananda Novi Purnama Sari |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 06:37 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 06:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14670 |
Actions (login required)
View Item |