AGUS HADINATA, PUTU (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS SMART APPS CREATOR (SAC) MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI SMK NEGERI 1 MANGGIS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1515051076-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1515051076-ABSTRAK.pdf Download (113kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1515051076-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (39kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051076-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1515051076-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1515051076-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051076-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051076-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (31kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1515051076-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Meskipun penerapan teknologi smartphone mampu menghasilkan media pembelajaran yang interaktif, namun media pembelajaran pada SMKN 1 Manggis belum menerapkan teknologi smartphone. Kondisi ini berdampak pada media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran sejarah tidak menarik minat siswa. Oleh karena itu pada penelitian ini mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator (SAC) Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMK Negeri 1 Manggis. Media pembelajaran smartphone ini diterapkan pada materi mata pelajaran sejarah di kelas X TKJ 1 di SMK Negeri 1 Manggis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development dengan model ADDIE yang melalui lima tahapan penelitian diantarnya analyze, Design, development, implementation, and evaluate. Berdasarkan hasil pengujian dari para ahli produk yang dikembangkan dikategorikan “sangat baik” yang artinya produk sangat layak dengan hasil persentase rata-rata dari ahli isi 88.3% dan ahli media 83%. Selanjutnya, hasil uji perorangan sebanyak 5 siswa, uji kelompok kecil sebanyak 10 siswa dan uji respon pengguna sebanyak 30 siswa didapatkan hasil rata-rata persentase dari uji perorang 83%, uji kelompok kecil 85%, dan uji respon pengguna 86%. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator (SAC) mendapatkan respon yang sangat baik dan menarik minat serta motivasi siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Kata kunci: Media pembelajaran interaktif, Smart Apps Creator, Sejarah, ADDIE.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran interaktif, Smart Apps Creator, Sejarah, ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | PUTU AGUS HADINATA |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 07:01 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 07:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14792 |
Actions (login required)
View Item |