PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PROMO MENU PADA KAFE KUMPULIN COFFEE MENGGUNAKAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA)

irfanda, achmad (2023) PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PROMO MENU PADA KAFE KUMPULIN COFFEE MENGGUNAKAN METODE MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS (MOORA). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815091032-COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815091032-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815091032-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
1815091032-BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1815091032-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815091032-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815091032-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815091032-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (841kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815091032-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kafe Kumpulin Coffee merupakan salah satu bentuk usaha kuliner yang melayani penjualan makanan dan minuman dengan target market adalah remaja. Peningkatan jumlah pengunjung kafe Kumpulin Coffee yang tidak menentu dapat mengakibatkan kerugian terhadap persediaan bahan baku yang digunakan untuk setiap kali proses produksi berlangsung dikarenakan kafe Kumpulin Coffee harus menyediakan bahan baku untuk setiap menu yang di jual. Oleh karenanya untuk meminimalisir kerugian yang diakibatkan dari adanya bahan baku yang mendekati masa kadaluwarsa dan untuk meningkatkan target penjualan, owner kafe Kumpulin Coffee memberikan promo menu. Kurang tepatnya penentuan promo menu berdasarkan target penentuan promo menu maka Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Promo Menu Berbasis Android merupakan solusi yang tepat dan dapat membantu owner kafe Kumpulin Coffee. Basis Android dalam pengembangan sistem ini merupakan bentuk implementasi dengan menyesuaikan lingkungan perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat di implementasikan di kafe Kumpulin Coffee. Pengembangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Promo Menu ini dikembangkan menggunakan metode MOORA, dan menggunakan metode penelitian waterfall. Tahapan penelitian menggunakan metode waterfall dalam penelitian ini terbagi menjadi analisis kebutuhan pengguna terhadap sistem, perancangan antarmuka, implementasi perangkat lunak, dan yang terakhir yaitu pengujian perangkat lunak. Hasil penelitian ini berupa Sistem Pendukung Keputusan yang mampu memberikan ranking rekomendasi promo menu berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh owner. Jenis pengujian perangkat lunak yang dilakukan yaitu Black Box Testing, White Box Testing, Uji Akurasi, dan System Usability Scale. Setelah proses pengujian dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem dapat bekerja dan beroperasi dengan baik dan maksimal sesuai rancangan sistem yang telah di rancang sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: MOORA, Waterfall, Black Box Testing, White Box Testing, System Usability Scale.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Achmad Irfanda
Date Deposited: 24 Feb 2023 11:52
Last Modified: 24 Feb 2023 11:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14822

Actions (login required)

View Item View Item