Pengaruh Variasi Diameter Pegas Sentrifugal Kampas Kopling Ganda Terhadap Performansi Sepeda Motor Dengan Sistem Transmisi Continuously Variable Transmission ( Cvt )

Arya Wiguna, I Putu (2023) Pengaruh Variasi Diameter Pegas Sentrifugal Kampas Kopling Ganda Terhadap Performansi Sepeda Motor Dengan Sistem Transmisi Continuously Variable Transmission ( Cvt ). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915071002_COVER.pdf

Download (910kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915071002_ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915071002_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915071002_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (960kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915071002_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915071002_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915071002_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915071002_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915071002_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan pegas sentrifugal terhadap performansi kendaraan sepeda motor dengan sistem transmisi continuously vaiable transmission ( CVT) menggunakan 3 variasi diameter pegas sentrifugal yaitu diameter 10 mm (variasi 1) 11 mm (standar), 12 mm (variasi 2). Pada penelitian ini, metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif komparatif eksperimen yang merupakan metode dengan menggunakan dua set variabel. Mencari hubungan kausal antara dua faktor yang disengaja untuk ditimbulkan oleh peneliti dengan cara mengurangi faktor-faktor yang tidak berguna atau mengganggu. Pengambilan data penelitian bertempat di SMK PGRI 2 Badung. Pengulangan pengujian dilakukan sebanyak 10 kali pada masing-masing variasi pegas sentrifugal pada putaran mesin 3000-5000 rpm. Setelah melakukan proses pengujian, diperoleh hasil torsi dan daya mesin tertinggi menggunakan pegas sentrifugal diameter 12 mm dengan torsi mesin sebesar 15,18 Nm dan daya mesin 7,5 HP. Selanjutnya menggunakan pegas sentrifugal dengan diameter 11 mm yang menghasilkan torsi mesin 14,83 Nm dan daya mesin 7,4 HP. Kemudian pegas sentrifugal dengan diameter 10 mm yang menghasilkan torsi mesin 14,81 Nm dan daya mesin 7,3 HP. Semakin besar diameter pegas sentrifugal maka semakin meningkat performansi kendaraan dengan presentase peningkatan sebesar 2,3 % pada torsi mesin dan 1,4 % pada daya mesin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pegas sentrifugal, CVT, Performansi Kedaraan
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: I Putu Arya Wiguna
Date Deposited: 18 May 2023 01:12
Last Modified: 18 May 2023 01:12
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14891

Actions (login required)

View Item View Item