PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP

Pratiwi, Gusti Ayu Putu Nevi Dia (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011061-COVER.pdf

Download (233kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011061-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011061-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011061-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011061-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011061-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011061-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011061-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011061-LAMPIRAN.pdf

Download (540kB)

Abstract

Penerapan kurikulum merdeka yang mengharapkan siswa aktif pada kegiatan belajar sehingga peserta didik mampu memperoleh sendiri konsep suatu materi, maka dari itu guru sebagai fasilitator harus menyediakan bahan pembelajaran yang mampu mendukung aktivitas belajar dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Kajian ini bertujuan melakukan pengembangan E-LKPD interaktif berbasis discovery learning guna meningkatkan pemahaman konsep peserta didik yang dapat mendukung proses pembelajaran. E-LKPD dikembangkan mempergunakan pemodelan ADDIE berbantuan website wizer.me. Formatnya dikemas dalam bentuk link yang mengandung kegiatan peserta didik dan media Geogebra. Berlandaskan pada uji validitas materi oleh dua orang pakar, didapat validitas senilai 4,85 berkategori sangat tinggi dan uji validitas media oleh dua orang pakar, didapat validitas senilai 4,69 berkategori sangat tinggi. Selain itu turut dilaksanakan uji coba terbatas guna mencari tahu kepraktisan dan keefektifan produk. Berlandaskan pada uji coba tersebut diperoleh hasil angket kepraktisan respons guru dan siswa pada aspek kejelasan berkategori baik, kemudian aspek daya tarik, efisiensi, ketepatan, stimulasi serta kebaruan berkategori unggul. Kegiatan uji coba juga memperoleh temuan bahwasanya E-LKPD interaktif mempunyai keefektifan dengan rerata skor senilai 0,469, sehingga berdasarkan kriteria keefektifan didapat kriteria penggunaan E-LKPD interaktif bisa menumbuhkan pemahaman konsep peserta didik berkategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD Interaktif, Discovery Learning, Wizer.me, Pemahaman Konsep Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Gusti Ayu Putu Nevi Dia Pratiwi
Date Deposited: 31 May 2023 05:51
Last Modified: 31 May 2023 05:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15030

Actions (login required)

View Item View Item