Suparwati, Ni Made Ary (2023) Pengembangan e-LKPD Kimia Berbasis STEM dengan Muatan Etnosains untuk Meningkatkan Model Mental Kimia dan Literasi Kimia. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2123071009-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2123071009-ABSTRAK.pdf Download (912kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123071009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123071009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123071009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123071009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2123071009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (958kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123071009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2123071009-LAMPIRAN.pdf Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD Kimia berbasis STEM dengan muatan etnosains yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan model mental kimia dan literasi kimia peserta didik. Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan model 4D yang sudah dimodifikasi meliputi tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dissiminate (penyebarluasan). Subjek penelitian ini adalah E-LKPD Kimia berbasis STEM dengan muatan etnosains. Objek penelitian ini meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-LKPD yang dihasilkan ditinjau dari model mental kimia dan literasi kimia peserta didik. Rerata skor N-gain model mental kimia siswa kelas XI IPA sebesar 0,76, termasuk kategori tinggi. Rerata skor N-gain literasi kimia siswa kelas XI IPA sebesar 0,64, termasuk kategori sedang. Model mental ilmiah atau model konseptual di kelas XI IPA mengalami kenaikan sebesar 56,18% dari 21,76% menjadi 77,94%. Hasil tersebut menunjukkan e-LKPD berbasis STEM dengan muatan etnosains tergolong valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan model mental kimia dan literasi kimia peserta didik. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat membantu guru dalam meningkatkan model mental kimia dan literasi kimia perserta didik melalui penerapan e-LKPD yang dihasilkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-LKPD kimia, etnosains, model mental kimia, literasi kimia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Ni Made Ary Suparwati |
Date Deposited: | 30 Jun 2023 08:03 |
Last Modified: | 30 Jun 2023 08:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15444 |
Actions (login required)
View Item |