PENGARUH COLLABORATIVE PROJECT BASED BLENDED LEARNING TERHADAP RESILIENCE DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Sulastri, Indrayani Ari (2023) PENGARUH COLLABORATIVE PROJECT BASED BLENDED LEARNING TERHADAP RESILIENCE DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129071011-COVER.pdf

Download (180kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129071011-ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2129071011-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (93kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2129071011-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
2129071011-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071011-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2129071011-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129071011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129071011-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan proses pembelajaran akibat Covid-19 mempengaruhi hasil belajar dan kondisi kesehatan mental siswa. Masalah yang menjadi dasar dilaksanakannya penelitian ini adalah belum efektifnya pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi covid-19 sehingga pemulihan pendidikan dalam bentuk pemulihan resilience dan hasil belajarnya penting untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis perbedaan resilience dan hasil belajar bahasa Inggris secara bersama-sama antara siswa yang belajar dengan collaborative project based blended learning dengan direct blended learning, 2) menganalisis perbedaan resilience antara siswa yang belajar dengan collaborative project based blended learning dengan direct blended learning, 3) menganalisis perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan collaborative project based blended learning dengan direct blended learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah sebelas kelas IX SMP Negeri 2 Amlapura tahun pelajaran 2022/2023. Dua kelas dipilih sebagai sampel dengan teknik group random sampling, dilakukan uji kesetaraan pada dua kelompok sampel lalu dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data resilience dikumpulkan dengan kuesioner dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Data dianalisis secara deskriptif dan Manova dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan resilience dan hasil belajar bahasa Inggris antara siswa yang belajar dengan model collaborative project based blended learning dan siswa yang belajar dengan model direct blended learning, dengan hasil yang lebih baik pada siswa yang belajar dengan model collaborative project based blended learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model collaborative project based blended learning1, resilience2, hasil belajar3
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: Indrayani Ari Sulastri
Date Deposited: 11 Jul 2023 10:01
Last Modified: 11 Jul 2023 10:01
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15631

Actions (login required)

View Item View Item