PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS STEAM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS UNTUNG SURAPATI DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Kusumayuni, Putu Netha (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS STEAM TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS UNTUNG SURAPATI DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129041010-COVER.pdf

Download (617kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129041010-ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129041010-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning berbasis STEAM dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Gugus Untung Surapati Denpasar Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Gugus Untung Surapati Denpasar, yang terdiri dari 457 orang siswa. Sebanyak 71 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes objektif pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar IPA siswa dan metode non tes berupa pengamatan dengan lembar observasi sebagai intrumen untuk mengukur keterampilan proses sains siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Manova berbantuan program IBM SPSS Statistic 21.00 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan dengan model discovery learning berbasis STEAM dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus Untung Surapati Denpasar. Kedua, terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning berbasis STEAM dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus Untung Surapati Denpasar . Ketiga, terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA secara simultan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model discovery learning berbasis STEAM dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional kelas V SD Gugus Untung Surapati Denpasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model discovery learning berbasis STEAM, hasil belajar IPA, keterampilan proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Putu Netha Kusumayuni, S. Pd.
Date Deposited: 13 Jul 2023 00:59
Last Modified: 13 Jul 2023 00:59
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15643

Actions (login required)

View Item View Item