PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL "B2LS" UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP RELASI DAN FUNGSI

HANDAYANI, NI WAYAN POPPY (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL "B2LS" UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP RELASI DAN FUNGSI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1723011001-COVER.pdf

Download (11MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1723011001-ABSTRAK.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1723011001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (9MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1723011001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1723011001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1723011001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1723011001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1723011001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1723011001-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan karakteristik media pembelajaran berbasis model B2LS (Bruner, Budaya Lokal, dan Scaffolding) dan mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran berbasis B2LS dalam meningkatkan pemahaman konsep relasi dan fungsi. Pengembangan media pembelajaran ini mengacu pada prosedur pengembangan menurut Plomp. Prosedur tersebut terdiri dari 3 fase yaitu: Preliminary Research, Prototyping, dan Assesment. Dalam rangkaian fase tersebut melibatkan ahli pendidikan matematika, guru dan siswa kelas VIII SMPN 5 Denpasar sebagai subjek penelitian. Selanjutnya, uji coba terbatas dilaksanakan pada kelas VIII C, uji lapangan I pada kelas VIII A, dan uji lapangan II pada kelas VIII B. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa media pembelajaran berbasis TIK dengan Aplikasi Autoplay Media Studio. Penyajian materi dalam media pembelajaran mengikuti langkah-langkah model B2LS. Data yang dikumpulkan berupa data: 1) validasi media yang didasarkan pada pendapat pakar; 2) kepraktisan media didasarkan pada keterlaksanaan media pembelajaran, respon siswa, dan respon guru; dan 3) keefektifan media pembelajaran dikumpulkan menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki kualitas valid, praktis, dan efektif. Media pembelajaran berbasis B2LS ini efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Keberhasilan ini didukung oleh data post-tes pemahaman konsep matematika siswa pada materi relasi dan fungsi yang memenuhi kriteria “tuntas” sesuai dengan KKM yang ditentukan di SMP N 5 Denpasar. Selain itu, dari hasil pengamatan proses pembelajaran juga menunjukkan bahwa terjadi perubahan sikap siswa ke arah yang lebih baik seperti tumbuhnya rasa jengah siswa untuk menyelesaikan tantangan yang diberikan. Karakteristik media pembelajaran antara lain: 1) Kegiatan pembelajaran dalam media sesuai dengan tahapan teori belajar Bruner yaitu enaktif yang skenarionya terdapat dalam buku petunjuk guru, ikonik dan simbolik yang ada di dalam media pembelajaran, 2) media pembelajaran memuat konsepsi jengah yaitu adanya kalimat-kalimat motivasi atau penyemangat dalam media serta tantangan-tantangan yang harus diselesaikan siswa untuk mendukung peningkatan pemahaman konsep matematika siswa, dan 3) media pembelajaran memuat scaffolding di setiap halaman eksplorasi untuk membantu siswa jika merasa kesulitan dalam memahami suatu konsep.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Teori Bruner, Scaffolding, Konsepsi Jengah, Pemahaman Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Ni Wayan Poppy Handayani
Date Deposited: 27 Feb 2020 05:51
Last Modified: 27 Feb 2020 05:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1577

Actions (login required)

View Item View Item