Dewi, Ni Nyoman Saras Kamala (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS I DALUNG KUTA UTARA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2129041003-COVER.pdf Download (699kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2129041003-ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129041003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129041003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129041003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129041003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (617kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129041003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129041003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2129041003-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Dalung Kuta Utara. Jenis penelitian yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) dengan rancangan penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Gugus I Dalung Kuta Utara, yang terdiri dari 436 orang siswa. Sebanyak orang 120 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan datanya menggunakan metode tes berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan metode tes objektif pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar IPA siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Manova berbantuan program IBM SPSS Statistic 26.00 for Windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Gugus I Dalung Kuta Utara. Kedua, terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis STEM terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Dalung Kuta Utara. Ketiga, terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning berbasis STEM secara simultan terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Dalung Kuta Utara.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Project Based Learning, STEM, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Ni Nyoman Saras Kamala Dewi, S.Pd. |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 00:48 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 00:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15971 |
Actions (login required)
View Item |