Fenomena Tawuran Remaja dan Potensinya sebagai Sumber Bahan Ajar Sosiologi Kelas XI SMA (Studi Kasus di Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur)

Arvitria, Devi Wina (2023) Fenomena Tawuran Remaja dan Potensinya sebagai Sumber Bahan Ajar Sosiologi Kelas XI SMA (Studi Kasus di Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1914091020-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1914091020-ABSTRAK.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914091020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914091020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914091020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914091020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1914091020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914091020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1914091020-LAMPIRAN.pdf

Download (443kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui latar belakang munculnya fenomena tawuran remaja di Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur; untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan dari adanya fenomena tawuran remaja; untuk mengetahui unsur yang terdapat pada fenomena tawuran remaja yang dapat berpotensi sebagai sumber bahan ajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan studi dokumen dengan dua jenis sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tringulasi metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Temuan penelitian ini berupa, fenomena tawuran remaja disebabkan oleh faktor internal berupa gangguan emosional, gangguan cara berpikir dan gangguan pengamatan, faktor eksternal berasal dari keluarga, sekolah dan milieu, selain itu tawuran remaja juga disebabkan oleh faktor situasional dan tergolong sebagai konflik non-realistis. Fenomena tawuran remaja menimbulkan dampak negatif berupa labelling pada remaja di wilayah Muncar dan dampak positif berupa solidaritas kelompok. Sumber bahan ajar yang dapat digunakan berupa handout pada pembelajaran luring dengan metode problem based learning dengan suplemen faktor penyebab tawuran, teori konflik dan dampak yang ditimbulkan. Penelitian ini berguna sebagai sarana pencegah tawuran remaja dan pengingat bahwa dalam meningkatkan solidaritas dapat dilakukan dengan cara lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: tawuran remaja, konflik, labelling
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sosiologi (S1)
Depositing User: Devi Wina Arvitria
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:53
Last Modified: 20 Jul 2023 02:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/15985

Actions (login required)

View Item View Item