PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI GAYA MUATAN IPA PADA SISWA KELAS IV SD

Novianti, Diah Isma (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MATERI GAYA MUATAN IPA PADA SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031028-COVER.pdf

Download (499kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031028-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031028-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031028-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031028-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk; 1) menghasilkan E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning materi gaya muatan IPA untuk siswa kelas IV sekolah dasar, 2) menganalisis validitas isi E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning, 3) mengetahui kepraktisan E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning, 4) mengetahui efektivitas E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner atau angket dan tes. Subjek pengembangan pada penelitian ini adalah E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning materi gaya sedangkan untuk objek pengembangannya adalah validitas isi, kepraktisan, dan efektivitas E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning. Subjek uji coba dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV sekolah dasar. Simpulan yang dapat diperoleh adalah; 1) E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning adalah LKPD elektronik yang dikembangkan sesuai sintaks model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan software Flip PDF Corporate Edition, 2) E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning memperoleh tingkat validitas isi menurut ahli materi sebesar 3,79 dengan kategori sangat baik, sedangkan tingkat validitas isi menurut ahli media sebesar 3,75 dengan kategori sangat baik, 3) kepraktisan E-LKPD interaktif berbasis Problem Based Learning ini menunjukan hasil sebesar 3,92 sehingga dinyatakan sangat baik, 4) E-LKPD interaktif ini dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan pengujian hipotesis menggunakan paired sample t-test memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga nilai Sig.<0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-LKPD interaktif, Problem Based Learning, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Diah Isma Novianti
Date Deposited: 16 Jul 2023 23:54
Last Modified: 16 Jul 2023 23:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16115

Actions (login required)

View Item View Item