ASSESSMENT IN TEACHING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE: ITS IMPLEMENTATION, CHALLENGES, AND TEACHERS’ PERCEPTION IN MERDEKA CURRICULUM

Juli Astari, Dewa Ayu Made (2023) ASSESSMENT IN TEACHING ENGLISH AS A FOREIGN LANGUAGE: ITS IMPLEMENTATION, CHALLENGES, AND TEACHERS’ PERCEPTION IN MERDEKA CURRICULUM. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129081023-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129081023-ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
129081023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (371kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (414kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129081023-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan penilaian dalam pengajaran bahasa Inggris dalam kurikulum Merdeka di SMK N 3 Sukawati. Penelitian ini menyelidiki tiga aspek: (1) implementasi penilaian formatif dan sumatif dalam pengajaran bahasa Inggris dalam kurikulum Merdeka; (2) Tantangan guru dalam menerapkan penilaian pada kurikulum Merdeka; dan (3) persepsi guru dalam menerapkan penilaian dalam pengajaran bahasa Inggris dalam kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah dua guru bahasa Inggris kelas sepuluh yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan juga siswa kelas sepuluh. Data dikumpulkan dan dianalisis dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Observasi, analisis dokumen, dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori dari Miles dan Huberman (1994) untuk menganalisis data kualitatif, sedangkan data kuantitatif dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner Likert lima skala. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru telah melaksanakan penilaian formatif dan sumatif dengan cukup optimal dan berdasarkan karakteristik pelaksanaan penilaian formatif dan sumatif, prinsip pelaksanaan penilaian dalam kurikulum Merdeka, prosedur pelaksanaan penilaian dan dalam penilaian bahasa Inggris. Guru menggunakan kinerja dalam bentuk presentasi dan bermain peran untuk penilaian formatif. Guru menggunakan tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dan esai untuk penilaian sumatif. Selain itu ditemukan kekurangan pada saat guru melaksanakan penilaian yaitu guru tidak menggunakan rubrik penilaian dan tidak memberikan umpan balik terhadap hasil penilaian siswa. Dalam pelaksanaan penilaian di Kurikulum Merdeka guru menghadapi tantangan yaitu tidak tersedianya fasilitas untuk mendukung penilaian yang dilakukan guru di kelas, kesiapan guru merancang instrumen penilaian dan keterbatasan waktu guru dalam melaksanakan penilaian. Guru membutuhkan waktu untuk merancang instrumen penilaian berdasarkan konsep kurikulum Merdeka. Selain itu, guru membutuhkan lebih banyak waktu untuk melaksanakan proses belajar mengajar di kelas karena siswa sering melakukan kegiatan seni di luar kelas. Namun, guru-guru memiliki persenpsi yang positif terhadap penerapan penilaian dalam Kurikulum Merdeka karena dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajar bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penilian formatif and sumatif di kurikulum Merdeka, Tantangan, Persepsi Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Dewa Ayu Made Juli Astari
Date Deposited: 15 Jul 2023 09:34
Last Modified: 15 Jul 2023 09:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16134

Actions (login required)

View Item View Item