ANALISIS POTENSI BAHARI PANTAI SEDAHAN SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI DESA JEPITU KABUPATEN GUNUNG KIDUL

Nirmala Sari, Bunga (2023) ANALISIS POTENSI BAHARI PANTAI SEDAHAN SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI DESA JEPITU KABUPATEN GUNUNG KIDUL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (cover)
1915011035-Cover.pdf

Download (8MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915011035-ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915011035-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (398kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1915011035-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915011035-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915011035-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915011035-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915011035-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi bahari Pantai Sedahan sebagai daya tarik wisata di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mengumpulkan data primer melalui pengamatan langsung, wawancara dengan pihak pengelola, masyarakat setempat, dan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Sedahan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pantai Sedahan memiliki potensi sebagai objek wisata karena keindahan alam Pantai Sedahan yang eksotis, keunikan warisan budaya, berbagai kuliner dan berbagai aktivitas wisata. Analisis SWOT menyatakan bahwa strength (kekuatan) Pantai Sedahan adalah keindahan alam dan warisan budaya akan tradisi ngalangi, sedangkan weakness (kelemahan) yang terdapat yaitu belum optimalnya aksesibilitas dan terbatasnya aktivitas wisatawan karena terdapatnya palung. Opportunities (peluang), Pantai Sedahan antara lain membuat program-program guna menarik wisatawan seperti merencanakan program konservasi penyu yang dapat dimanfaatkan menjadi wisata edukasi, sedangkan threats (ancaman) pada Pantai Sedahan yaitu kerusakan ekosistem alam. Hasil dari penelitian merekomendasikan beberapa upaya untuk meningkatkan potensi wisata Pantai Sedahan, seperti memperbaiki infrastruktur jalan menuju pantai, mempromosikan warisan budaya tradisi ngalangi, dan menerapkan praktik pariwisata berkelanjutan. Keigiatan wisata deingan ekonomi masyarakat saling berkesinambungan. Dari adanya ketertarikan mengenai wisata bahari Pantai Sedahan sebagai daya tarik wisata ini maka peluang untuk membuka usaha baik dalam produk maupun jasa pariwisata tersebut akan semakin tinggi, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan masukan bagi pihak- pihak terkait, terutama pemerintah dan pengelola wisata di Kabupaten Gunung Kidul, untuk dapat mengembangkan potensi wisata bahari Pantai Sedahan guna sebagai daya tarik wisata di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta, sehingga dapat meiningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Jepitu. Kata Kunci: Potensi, Pantai Sedahan, Daya tarik wisata, Analisis SWOT, Gunung Kidul

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Potensi, Pantai Sedahan, Daya tarik wisata, Analisis SWOT, Gunung Kidul
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1)
Depositing User: Bunga Nirmala Sari
Date Deposited: 24 Jul 2023 00:11
Last Modified: 24 Jul 2023 00:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16322

Actions (login required)

View Item View Item