Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Green Education terhadap Hasil Belajar dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa

Mahendra, Kadek Adi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Green Education terhadap Hasil Belajar dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913031011-COVER.pdf

Download (315kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913031011-ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913031011-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (137kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913031011-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913031011-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913031011-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913031011-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUTAKA)
1913031011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913031011-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh model pembelajaran problem-based learning dengan pendekatan green education terhadap hasil belajar dan sikap peduli lingkungan siswa, serta respons siswa terhadap pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah ekperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Melaya yang berjumlah 140 siswa. Sampel penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (XI MIPA 1 dan XI MIPA 4) dan kelompok kontrol (XI MIPA 2 dan XI MIPA 3). Penggumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, angket sikap peduli lingkungan, dan angket respons siswa terhadap pembelajaran. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan statistik (Mancova). Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) hasil belajar dan sikap peduli lingkungan siswa pada kelompok eskperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan green education lebih baik dibandingkan kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, (2) hasil belajar siswa pada kelompok eskperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan green education lebih baik dibandingkan kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, (3) sikap peduli lingkungan siswa pada kelompok eskperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan green education lebih baik dibandingkan kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional, dan (4) respons siswa pada kelompok eskperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan green education lebih baik dibandingkan kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: problem-based learning, green education, hasil belajar, sikap peduli lingkungan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Kadek Adi Mahendra
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:24
Last Modified: 20 Jul 2023 08:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16436

Actions (login required)

View Item View Item