PENGARUH VARIASI DERAJAT DAN TINGGI BUKAAN KATUP TERHADAP PERFORMANSI SEPEDA MOTOR EMPATLANGKAH BERTEKNOLOGI INJEKSI

Parwata, Gede arya dwi (2023) PENGARUH VARIASI DERAJAT DAN TINGGI BUKAAN KATUP TERHADAP PERFORMANSI SEPEDA MOTOR EMPATLANGKAH BERTEKNOLOGI INJEKSI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615071032_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615071032_ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615071032_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (472kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615071032_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615071032_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
1615071032_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615071032_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615071032_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615071032_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh modifikasi derajat camshaft dengan tinggi bukaan katup lift terhadap torsi mesin motor bensin empat langkah berteknologi injeksi, (2) untuk mengetahui pengaruh modifikasi derajat camshaft dengan tinggi bukaan katup lift terhadap daya mesin motor bensin empat langkah berteknologi injeksi, (3) untuk mengetahui pengaruh modifikasi derajat camshaft dengan tinggi bukaan katup lift terhadap konsumsi bahan bakar mesin motor bensin empat langkah berteknologi injeksi. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini memanfaatkan print out hasil pengukuran dari alat uji torsi, daya dan konsumsi bahan bakar. Kemudian hasil dari pegukuran dilakukan analisis data menggunakan metode deskritif. Data ini akan dimasukan ke dalam tabel, dan ditampilkan dalam betuk grafik kemudian di analisis. Adapun hasil yang didapatkan dari penelitian ini (1) Torsi maksimun yang dihasilkan menggunakan camshaft derajat 20˚dengan tinggi bukaan katup lift 8,5 mm sebesar 15,68 Nm pada 3.000 RPM, sedangkan (2) Daya maksimun yang dihasilkan menggunakan camshaft derajat 20˚ dengan tinggi 8,5 mm sebesar 8.8 HP pada 3.000 RPM, serta (3) Konsumsi Bahan Bakar dalam penilitian ini dengan variasi camshaft bukaan katup lift semakin meningkat dari hasil variasi camshaft 20˚ dengan tinggi bukaan katup lift 8,5mm sebesar 13,2% pada 6.000 RPM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Camshaft1 Lift2 Torsi3 Daya4 Kosumsi Bahan Bakar5
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Gede Arya Dwi Parwata
Date Deposited: 24 Jul 2023 19:00
Last Modified: 24 Jul 2023 19:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16477

Actions (login required)

View Item View Item