PENGARUH MODEL PjBL-STEAM BERBANTUAQN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK

Yanti, Ni Luh Ida Mareta (2023) PENGARUH MODEL PjBL-STEAM BERBANTUAQN SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2123071003-COVER.pdf

Download (720kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2123071003-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2123071003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (358kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2123071003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2123071003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2123071003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2123071003-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2123071003-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
2123071003-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Yanti, Ida Mareta (2023), Pengaruh Model PjBL-STEAM Berbantuan Scaffolding Terhadap Hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, dan Motivasi Berprestasi Peserta Didik Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh pembimbing I: Prof. Dr. I Redhana, M.Si dan Pembimbing II: Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd. Kata Kunci: PjBL-STEAM; Keterampilan Berpikir Kritis; Motivasi Berprestasi; Scaffolding; Project based learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian nonequivalent pretests-posttest control group design yang bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) perbedaan secara simultan hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, dan motivasi berprestasi peserta didik yang belajar menggunakan model PjBL-STEAM berbantuan scaffolding dan model PjBL pada pembelajaran IPA, (2) perbedaan hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model PjBL-STEAM berbantuan scaffolding dan model PjBL pada pembelajaran IPA, (3) perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang belajar menggunakan model PjBL-STEAM berbantuan scaffolding dan model PjBL pada pembelajaran IPA, (4) perbedaan motivasi berprestasi peserta didik yang belajar menggunakan model PjBL-STEAM berbantuan scaffolding dan model PjBL pada pembelajaran IPA. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan jumlah sampel terdiri dari 159 peserta didik kelas VII A, VII B, VII D, dan VII F di SMP Negeri 5 Denpasar. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes hasil belajar, tes keterampilan berpikir kritis dan kuesioner motivasi berprestasi. Analisis data menggunakan Multivariate Analysis of Covariance (MANCOVA). Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan taraf signifikansi 5%, uji hipotesis dilakukan setelah uji asumsi (uji normalitas, uji homogenitas varian, uji homogenitas varian kovarian, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji homogenitas kemiringan garis regresi). Berdasarkan analisis data tersebut, hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan secara simultan terdapat perbedaan hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, dan motivasi berprestasi peserta didik yang belajar menggunakan model PjBL-STEAM berbantuan scaffolding dan model PjBL pada pembelajaran IPA, (2) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan model PjBL-STEAM berbantuan scaffolding dan model PjBL pada pembelajaran IPA, (3) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang belajar menggunakan model PjBL-STEAM berbantuan scaffolding dan model PjBL pada pembelajaran IPA, (4) perbedaan motivasi berprestasi peserta didik yang belajar menggunakan model PjBL-STEAM berbantuan scaffolding dan model PjBL pada pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PjBL-STEAM, Keterampilan Berpikir Kritis, Motivasi Berprestasi; Scaffolding, Project based learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Ni Luh Ida Mareta Yanti
Date Deposited: 21 Jul 2023 09:25
Last Modified: 21 Jul 2023 09:25
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16523

Actions (login required)

View Item View Item