Bahaduri, Rahmat Gah (2023) Pengembangan Virtual Reality Untuk Simulasi Splicing Fiber Optik. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1915051072-COVER.pdf Download (991kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1915051072-ABSTRAK.pdf Download (99kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051072-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051072-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1915051072-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051072-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051072-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1915051072-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Virtual Reality untuk Simulasi Splicing Fiber Optik menawarkan simulasi sebelum mengimplementasikan splicing secara real. Dengan mengambil ciri-ciri kehidupan seperti laboratorium, edukator, dan alat praktikum fiber optik. Virtual reality dapat memberikan situasi dan kondisi peserta didik melakukan praktik Splicing Fiber Optik dengan memasuki laboratorium virtual di dunia maya. Pengalaman belajar di Virtual Reality yang memberikan rasa imersif di lingkungan virtual menggunakan Full Hand Interaction yang menerapkan fungsi Hand Tracking yang ada pada Oculus Quest 2. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui perancangan dan implementasi serta respon pengguna dalam pengembangan Virtual Reality untuk Simulasi Splicing Fiber Optik. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development dengan model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari tahap, concept, desain, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengembangan Virtual Reality ini menggunakan aplikasi Unity dalam pembuatan aplikasi dengan perangkat Oculus Quest 2, dan aplikasi Blender dalam membuat objek 3D. Pada proses pengumpulan data diawali dengan tahapan wawancara kepada tenaga pendidik mengenai pembelajaran yang berlangsung, dan kesulitan yang dialami. Pada tahapan testing dilakukan uji Blackbox, Uji Ahli Isi: 1.00 Koefisien Validitas, Uji Ahli Media: 1.00 Koefisien Validitas, dan Uji Lapangan/Uji Pengalaman Pengguna menggunakan instrument User Experience Questionnaire (UEQ) diberikan kepada responden Purposive sampling sesuai kriteria subjek penelitian. Uji lapangan ini mendapatkan hasil “Excellent” pada perbandingan ke benchmark UEQ dengan nilai untuk 6 kriteria yakni, Daya Tarik: 2.42, Kejelasan: 2.23, Efisiensi: 2.33, Ketepatan: 2.10, Stimulasi: 2.49, Kebaruan: 2.12. Dari keseluruhan uji tersebut, pengembangan Virtual Reality untuk Simulasi Splicing Fiber Optik ini layak untuk digunakan dan disebarkan kepada peserta didik sasaran. Kata kunci: Virtual Reality, Simulasi, Splicing Fiber Optik, Unity, UEQ, Oculus Quest 2, Hand Tracking
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Virtual Reality, Simulasi, Splicing Fiber Optik, Unity, UEQ, Oculus Quest 2, Hand Tracking |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Rahmat Gah Bahaduri |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 00:14 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 00:14 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16607 |
Actions (login required)
View Item |