LEXICON AND SYNTACTIC DEVELOPMENT OF INDONESIAN-BALINESE BILINGUAL CHILDREN

Wimayanti, Ni Luh Devi (2023) LEXICON AND SYNTACTIC DEVELOPMENT OF INDONESIAN-BALINESE BILINGUAL CHILDREN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129081043-COVER)
2129081043-COVER.pdf

Download (942kB)
[img] Text (2129081043-ABSTRAK)
2129081043-ABSTRAK.pdf

Download (93kB)
[img] Text (2129081043-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (118kB)
[img] Text (2129081043-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (2129081043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (2129081043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB) | Request a copy
[img] Text (2129081043-BAB 5 PENUTUP)
2129081043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (2129081043-DAFTAR PUSTAKA)
2129081043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] Text (2129081043-LAMPIRAN)
2129081043-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Bagaimana anak menjadi bilingual masih menjadi isu kontroversial. Studi ini meneliti bagaimana anak-anak yang terpapar bahasa Indonesia, dan bahasa Bali mengembangkan leksikon dan sintaksis sejak lahir. Data dikumpulkan dari dua anak. Satu anak diamati untuk menyelidiki perkembangan leksikon, dan yang lainnya diamati untuk perkembangan sintaksis. Anak pertama diamati secara longitudinal selama sembilan bulan sejak anak berusia 1;5 (17 bulan) untuk melihat perkembangan leksikalnya. Anak kedua diamati selama 16 bulan sejak usia 3;3 (39 bulan) untuk melihat perkembangan sintaksisnya. Kedua anak tersebut adalah anak dari peneliti. Untuk menjamin keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi dalam metode pengumpulan data. Tiga metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan catatan harian, observasi dengan rekaman video, dan elisitasi. Kedua anak tersebut dipaparkan bahasa Indonesia oleh orang tua, dan mereka dipaparkan bahasa Bali oleh anggota keluarga besar yang tinggal bersama keluarga inti dalam satu kompleks. Studi menunjukkan; pertama, anak pertama memperoleh 140 kata bahasa Bali, 160 kata bahasa Indonesia, dan 153 leksikon bersama. Angka kosakata menunjukkan bahwa leksikon bahasa Indonesia hanya menguasai 14% lebih banyak dari leksikon bahasa Bali. Ini mungkin terkait dengan fakta bahwa bahasa Indonesia digunakan dalam keluarga inti. Kedua, anak juga mengembangkan padanan terjemahan. Setengah dari leksikon yang dihasilkan setara. Persamaan terjemahan menunjukkan bahwa anak-anak dapat memisahkan dua bahasa. Ketiga, dari leksikon yang dihasilkan, jumlah verba lebih banyak daripada nomina. Temuan ini bertentangan dengan hipotesis bias kata benda, yang meyakini bahwa anak-anak memperoleh kata benda lebih banyak daripada kategori kata lain. Keempat, anak kedua mengembangkan sintaksis mengikuti perkembangan bahasa pada pemerolehan bahasa pertama anak, dimana pada usia 3;3, anak sudah dapat menghasilkan ujaran telegrap, meskipun banyak dari ujarannya masih tergolong dalam ujaran satu kata atau dua kata. Anak itu juga menghasilkan ucapan campuran, tanda akuisisi bilingual. Studi lebih lanjut perlu dilakukan pada pemerolehan anak bilingual yang melibatkan fitur linguistik lain dan pasangan bahasa untuk memberikan kontribusi yang lebih teoretis pada bilingualisme anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bilingualisme, perkembangan bahasa awal, perkembangan leksikon, perkembangan sintaksis
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ni Luh Devi Wimayanti
Date Deposited: 23 Jul 2023 03:54
Last Modified: 23 Jul 2023 03:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16622

Actions (login required)

View Item View Item