Developing Microlearning-Based English Video Materials For Junior High School In SMP PGRI 9 Denpasar

Dana, I Kadek Wira (2023) Developing Microlearning-Based English Video Materials For Junior High School In SMP PGRI 9 Denpasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text
2129081044-COVER.pdf

Download (632kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129081044-ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129081044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (744kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129081044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129081044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129081044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129081044-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129081044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129081044- LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengusulkan pengembangan materi video bahasa Inggris berbasis micro learning untuk SMP di SMP PGRI 9 Denpasar. Penelitian ini dirancang dalam bentuk successive approximation model (SAM) oleh Allen (2012) dengan beberapa fase yaitu fase persiapan, fase iteratif, dan fase pengembangan iteratif. Bahan video bahasa Inggris yang dibutuhkan diidentifikasi berdasarkan observasi, wawancara guru bahasa Inggris, dan wawancara peserta didik. Studi ini menemukan bahwa RPP tidak menyediakan materi video pembelajaran dan RPP tidak memberikan model pengajaran yang sesuai dalam pembelajaran bahasa Inggris. Selain itu, guru bahasa Inggris menggunakan model konvensional dalam proses belajar mengajar dan guru bahasa Inggris tidak menyediakan media pembelajaran untuk membantu mereka dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan wawancara dengan guru bahasa Inggris, peneliti menyimpulkan bahwa para pembelajar masih mengalami kesulitan untuk memahami materi dan mereka memiliki hafalan yang pendek dalam belajar bahasa Inggris. Hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara dengan guru bahasa Inggris dan peserta didik. Selain itu, guru bahasa Inggris membutuhkan media pembelajaran yang cocok untuk membantu siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan tiga materi video bahasa Inggris menggunakan konsep micro-learning dan dipadukan dengan tiga model pengajaran yaitu; pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis penemuan. Keefektifan materi video bahasa Inggris yang dikembangkan untuk siswa sekolah menengah pertama dievaluasi menggunakan kriteria materi bahasa Inggris yang baik yang disarankan oleh rumus yang dikemukakan oleh Nurkancana dan Sunartana (2011). Selain itu, daftar periksa terdiri dari 5 skala skor 5 mewakili sangat baik, 4 mewakili baik, 3 mewakili rata-rata, 2 mewakili di bawah rata-rata, dan 1 mewakili buruk. Berdasarkan observasi dan wawancara ditemukan bahwa RPP tidak menyediakan materi video pembelajaran dan guru guru menggunakan model konvensional dalam mengajar. Selanjutnya prototipe dirancang konsep micro learning yang dipadukan dengan tiga model pembelajaran. Selain itu, prototipe dikembangkan menjadi tiga materi video dan setiap video dibagi menjadi beberapa kegiatan yaitu; pra kegiatan, saat kegiatan dan pasca kegiatan. Kualitas pengembangan materi video bahasa Inggris berbasis micro learning untuk SMP di SMP PGRI 9 Denpasar adalah baik. Dengan demikian, materi video bahasa Inggris berbasis micro learning ini baik untuk digunakan sebagai materi video belajar mengajar bahasa Inggris untuk siswa SMP kelas delapan di Denpasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran mikro, materi Video Bahasa Inggris, dan tiga model pengajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: I Kadek Wira Dana
Date Deposited: 24 Jul 2023 00:42
Last Modified: 24 Jul 2023 00:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16681

Actions (login required)

View Item View Item