PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY BERBASIS CASE BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII

Mahayani, Komang Elik (2023) PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY BERBASIS CASE BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129071021-COVER)
2129071021-Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (2129071021-ABSTRAK)
2129071021-Abstrak.pdf

Download (558kB)
[img] Text (2129071021-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071021-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (609kB)
[img] Text (2129071021-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129071021-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (2129071021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129071021-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2129071021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071021-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2129071021-BAB 5 PENUTUP)
2129071021-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (2129071021-DAFTAR PUSTAKA)
2129071021-Daftar Pustaka.pdf

Download (467kB)
[img] Text (2129071021-LAMPIRAN)
2129071021-Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kurangnya media pembelajaran dan kreatifitas guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Negara mengakibatkan kurangnya pemahaman dan antusiasme siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, kelayakan media, efektifitas, dan respon guru serta siswa pada penerapan virtual reality berbasis case based leraning pada mata pelajaran matematika di kelas VIII. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Subjek penelitian ini adalah dua orang ahli isi, satu orang ahli desain pembelajaran, satu orang ahli media pembelajaran, tiga orang siswa uji coba perorangan, sembilan orang siswa uji coba kelompok kecil, dan tiga puluh dua orang siswa uji coba lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni wawancara, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, analisis statistika inferensial Uji-t, dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil uji kelayakan media, dapat disimpulkan bahwa virtual reality layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Selanjutnya berdasarkan uji efektifitas, disimpulkan bahwa penggunaan virtual reality berbasis case based learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika kelas VIII.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Case Based Learning, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: KOMANG ELIK MAHAYANI
Date Deposited: 24 Jul 2023 10:14
Last Modified: 24 Jul 2023 10:14
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16805

Actions (login required)

View Item View Item