PENGEMBANGAN E-MODUL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA

Findayani, Ni Kadek (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN SCRATCH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KOMPUTASI SISWA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1823011010-COVER.pdf

Download (287kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1823011010-ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823011010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823011010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823011010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823011010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1823011010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823011010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1823011010-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Findayani, Ni Kadek, (2023), Pengembangan E-Modul Project Based Learning Berbantuan Scratch untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Komputasi Siswa, Tesis, Pendidikan Matematika, Progam Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh: Pembimbing I:, dan Pembimbing II :. Kata kunci: E-Modul, PjBL, Scratch, Berpikir Komputasi Kemampuan berpikir komputasi adalah salah satu kemampuan berpikir yang penting bagi siswa, karena dengan berpikir komputasi siswa mampu memecahkan masalah serta menemukan solusi atas permasalahan tersebut dengan pemanfaatan teknologi. Modul ajar adalah salah satu perangkat pembelajaran yang penting untuk dikembangkan mengingat modul ajar memuat aktivitas dan asesmen pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan e-modul project-based learning berbantuan scratch untuk meningkatkan keterampilan berpikir komputasi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Neger 2 Kuta, peserta didik yang digunakan sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 2 Kuta yang berjumlah 15 orang serta kelas VIII E SMP Negeri 2 Kuta yang berjumlah 32 orang. Rancangan pada penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Uji validasi produk terhadap ahli isi, ahli desain dan guru menunjukkan bahwa produk telah layak digunakan. Penelitian yang telah dilaksanakan pada kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta ini telah berhasil mengembangkan perangkat pembelajaran meliputi E-Modul berorientasi PjBL berbantuan Scratch yang valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir komputasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Kuta. Hal ini didukung dengan hasil skor validasi dari para ahli sebesar 3,10 dengan kategori valid. Respon peserta didik terhadap E-Modul diperoleh rata-rata skor 3,57 dengan kategori sangat praktis. Respon guru terhadap E-Modul diperoleh skor 3,40 dengan kategori praktis. Hasil gain score tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik sebesar 68,93 tergolong dalam kategori “efektif”. Maka dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa E-Modul yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, PjBL, Scratch, Berpikir Komputasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Ni Kadek Findayani
Date Deposited: 25 Jul 2023 06:48
Last Modified: 25 Jul 2023 06:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/16890

Actions (login required)

View Item View Item