Widiani, Ni Made (2023) PEMANFAATAN MEDIA DIGITAL “KOMPAS.COM” DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA KELAS VIII B SMP NEGERI 1 TEJAKULA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812011040-COVER.pdf Download (606kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812011040-ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (170kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812011040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812011040-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita, (2) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII B pada pembelajaran teks berita dengan memanfaatkan “kompas.com”, (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita di kelas VIII B, (4) mendeskripsikan hambatan yang dihadapi guru dan siswa pada pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita di kelas VIII B SMP Negeri 1 Tejakula. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) proses pemanfaatan media “kompas.com” menggunakan metode discovery learning berorientasi teks, pemanfaatan media “kompas.com” menggunakan 5 judul berita dengan rubrik nusantara, dan memanfaatkan web “kompas.com”, (2) kemampuan siswa dalam pemanfaatan koran “kompas.com” dapat dilihat melalui hasil belajar dengan persentase 7% sangat baik, 59% baik, 34 % cukup baik, (3) 80% respons siswa yang tergolong positif dalam pemanfaatan “kompas.com”, (4) hambatan yang dihadapi guru, yaitu ketersediaan gawai dan sambungan internet yang belum merata, kurangnya guru keikutsertaan pelatihan mengenai media pembelajaran. Sedangkan hambatan yang dihadapi siswa berkaitan dengan pemahamaan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media digital, pemanfaatan “kompas.com”, teks berita. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Ni Made Widiani |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 02:34 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 02:34 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17106 |
Actions (login required)
View Item |