Artayana, I Wayan (2023) Pengembangan Multimedia Interaktif Permainan Edukasi Materi Siklus Air Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031286_COVER.pdf Download (640kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031286_ABSTRAK.pdf Download (110kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031286_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (426kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031286_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031286_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031286_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031286_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031286_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031286_LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini dilakukan karena kurangnya pengunaan media inteaktif perrmainan edukasi dalam proses pembelajaran yang berakibat pada rendahnnya hasil belajar IPA siswa di kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia interaktif permainan edukasi materi siklus air berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE yang memiliki lima tahapan yang terdiri atas sebagai berikut, 1) analyze, 2) design, 3) development, 4) implementation, dan 5) evaluation. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Objek uji coba penelitian ini adalah hasil belajar IPA materi siklus air di kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar rating scale dan tes pilihan ganda yang melibatkan penilaian 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang ahli desain, 3 orang praktisi guru dan 6 orang praktisi siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis skor rata-rata untuk mengukur kelayakan, kepraktisan serta rumus uji-t berkorelasi untuk mengukur efektifitas media terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata skor kelayakan media adalah 4,83, rata-rata skor uji media adalah 4,42, dan rata-rata skor kelayakan uji desain adalah 4,60 dengan kualifikasi sangat tinggi. Selanjutnya rata-rata uji kepraktisan oleh guru adalah 4,92 dan rata-rata uji kepraktisan oleh siswa adalah 4,94 dengan kualifikasi sangat baik, serta nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t satusampel memperoleh skor 0,000 sehingga Multimedia Interaktif permainan edukasi materi siklus air berbasis kearifan lokal efektif meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa multimedia interaktif permainan edukasi layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi siklus air berbasis kearifan lokal di kelas V SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: multimedia interaktif, permainan edukasi, kearifan lokal, model ADDIE. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Wayan Artayana |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 00:02 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 00:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17116 |
Actions (login required)
View Item |