Melyana, Melyana Sinta (2023) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF ANIMASI PRAKTIKUM VIRTUAL PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713031028-COVER.pdf Download (925kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713031028-ABSTRAK.pdf Download (222kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713031028-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (413kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORITIS)
1713031028-BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (653kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713031028-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (718kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713031028-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713031028-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713031028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (507kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713031028-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeksripsikan karakteristik multimedia, validitas multimedia, kepraktisan multimedia dan keefektifan multimedia interaktif animasi praktikum virtual materi larutan penyangga. Multimedia dikembangkan dengan metode ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan instrument berupa kuisioner terhadap validator ahli, dan guru kimia serta kuisioner dan tes hasil belajar terhadap siswa kelas XI MIPA 5 di SMAN 2 Amlapura. Hasil penelitian berupa data kualitatif dan data kuantitatif yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Produk yang dihasilkan berupa program multimedia interaktif materi Larutan Penyangga. Adapun karakteristik multimedia yang dikembangkan yaitu memuat materi larutan penyangga, pada multimedia terdapat simulasi kegiatan praktikum dengan topik yang dimuat adalah Larutan Penyangga, serta kuis pada akhir pembelajaran. Hasil validasi ahli materi, ahli media, praktisi menunjukkan bahwa multimedia interaktif memiliki kategori sangat baik. Hasil uji kelompok oleh siswa memberikan respon positif terhadap multimedia interaktif animasi praktikum virtual. Keefektifan multimedia yang didapat dari perbandingan hasil pretest dan posttest siswa. Hasil uji keefektifan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar terhadap penggunaan multimedia interaktif. Penelitian lanjutan diharapkan dapat mengembangkan multimedia interaktif animasi praktikum virtual pada topik yang berbeda untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, praktikum virtual, larutan penyangga |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | NI WAYAN MELYANA SINTA RUSMANA |
Date Deposited: | 27 Jul 2023 03:37 |
Last Modified: | 27 Jul 2023 03:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17185 |
Actions (login required)
View Item |