PENGEMBANGAN KONTEN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH KEPELATIHAN BULUTANGKIS

Putra, Gede Bayu Kariada (2023) PENGEMBANGAN KONTEN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH KEPELATIHAN BULUTANGKIS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1715051083_COVER.pdf

Download (490kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1715051083_ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB 1 LATAR BELAKANG)
1715051083_BAB 1 LATAR BELAKANG.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI)
1715051083_BAB 2 KAJIAN PUSTAKA DAN LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1715051083_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1715051083_BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN EMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1715051083_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715051083_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1715051083_LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Di zaman yang terus berkembang, penggunaan teknologi dan komunikasi merambah ke segala bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dalam dunia pendidikan memberikan dampak yang signifikan terhadap pembelajaran. Dalam dunia pendidikan, pemanfaatan teknologi tepat guna dalam pengembangan lingkungan belajar sangat penting untuk menunjang proses belajar siswa. Penggunaan konten interaktif dianggap lebih inovatif dibandingkan penggunaan modul secara tunggal. Minat siswa lebih besar karena 3600 siswa dapat melihat bentuk dan animasi yang lebih beragam. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar bulu tangkis ke dalam format multimedia interaktif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodologi pengembangan Research And Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri atas enam tahapan yaitu, Concept (pengonsepan), Design (Desain), Material Collecting (Pengumpulan Bahan), Assembly (Pembuatan), Testing (Pengujian), dan Distribution (Distribusi). Hasil penelitian ini skor Uji Ahli Isi sebesar 1,00% menunjukkan kategori sangat valid, Uji Ahli Media memperoleh skor representatif sebesar 1,00%, berada pada kategori sangat valid dengan adanya revisi dengan persentase untuk uji perorangan, jawaban tes adalah 91,33%. Hasilnya respon uji kelompok kecil dengan persentase 91,9%, hasil uji lapangan dengan persentase 91,6% dibandingkan dengan hasil uji efektivitas dengan rata-rata N-gain 0,72 masuk ke dalam kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Multimedia Interaktif. Konten Pembelajaran Interaktif, Problem Based Learning, Media Pembelajaran
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: GEDE BAYU KARIADA PUTRA
Date Deposited: 26 Jul 2023 21:50
Last Modified: 26 Jul 2023 21:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17196

Actions (login required)

View Item View Item