Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Perang Dunia I dan II Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMK Negeri 1 Singaraja

Sekarini, Ketut Sri (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Perang Dunia I dan II Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMK Negeri 1 Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1815051054-COVER.pdf

Download (498kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1815051054-ABSTRAK.pdf

Download (138kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1815051054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1815051054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1815051054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1815051054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1815051054-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1815051054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1815051054-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan dan mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning pada pembelajaran Sejarah Indonesia, khususnya materi Perang Dunia I dan Perang Dunia II untuk kelas XI di SMK Negeri 1 Singaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D), dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini akan dilakukan untuk kelas XI SMK Negeri 1 Singaraja pada 1 kelas dengan jumlah murid sekitar 35 siswa dan seorang guru yang mengampu mata pelajaran Sejarah Indonesia. Dimana pengumpulan data dalam penelitian ini akan didapat dengan menggunakan lembar validasi ahli, angket uji coba perorangan, angket uji coba kelompok kecil, angket uji coba lapangan, angket uji respon peserta didik dan guru. Kemudian hasil dari perhitungan uji ahli isi, desain dan media pembelajaran masing-masing memperoleh rata-rata skor sebesar 1,00 yaitu termasuk dalam tingkat validitas sangat tinggi. Uji efektivitas dengan memberikan pretest dan posttest memperoleh hasil perhitungan N-Gain sebesar 0,81 yaitu termasuk dalam interpretasi tinggi, sedangkan untuk hasil perhitungan uji respon peserta didik dan guru memperoleh rata-rata sebesar 75,77 dan 45 yaitu termasuk dalam kriteria sangat praktis. Sehingga, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning pada mata pelajaran Sejarah Indonesia menunjukkan kriteria kualitas produk yaitu sangat valid, sangat praktis dan efektif. Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Problem Based Learning, Sejarah Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Problem Based Learning, Sejarah Indonesia
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
D History General and Old World > D History (General) > D501 World War I
D History General and Old World > D History (General) > D731 World War II
L Education > LA History of education
U Military Science > U Military Science (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Ketut Sri Sekarini
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:10
Last Modified: 27 Jul 2023 02:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17259

Actions (login required)

View Item View Item