Abimantram, Made Laksamana (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android dalam Olahragan Sepak Takraw Materi Teknik Dasar Sepak Cungkil dan Sepak Badek untuk Peserta Didik Sekolah Dasar Tahun 2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1916011025_COVER.pdf Download (380kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1916011025_ABSTRAK.pdf Download (113kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011025_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (208kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011025_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1916011025_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1916011025_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (836kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011025_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011025_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1916011025_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran aplikasi dalam olahraga sepak takraw teknik dasar sepak cungkil dan sepak. Model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari enam tahapan, yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Produk pengembangan divalidasi oleh ahli isi/materi, ahli desain, dan ahli media. Subjek uji coba produk pada penelitian ini adalah uji kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket/kuesioner dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian, didapatkan persentase uji ahli isi/materi pembelajaran 100% (sangat baik), uji ahli desain pembelajaran 78,37 % (cukup), uji ahli media pembelajaran 100% (sangat baik), uji coba kelompok kecil 91,99% (sangat baik), dan uji coba kelompok besar 81,71% (baik). Jadi, media pembelajaran berbasis aplikasi dalam olahraga sepak takraw teknik dasar sepak cungkil dan sepak badek layak digunakan sebagai sumber pembelajaran, dan meningkatkan motivasi belajar. Kata-kata kunci: Media Pembelajaran, Sepak Takraw, MDLC, Android, Aplikasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata-kata kunci: Media Pembelajaran, Sepak Takraw, MDLC, Android, Aplikasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Made Laksamana Abimantram |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 03:27 |
Last Modified: | 17 Oct 2023 03:27 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17431 |
Actions (login required)
View Item |