Pengembangan E-Modul Untuk Pembelajaran Biologi Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 1 Bebandem

Wahyuni, Ni Wayan Anggi Sri (2023) Pengembangan E-Modul Untuk Pembelajaran Biologi Pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan di SMA Negeri 1 Bebandem. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913041023-COVER.pdf

Download (677kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913041023-ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913041023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913041023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
19130410123-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913041023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913041023-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913041023-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913041023-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat nilai kevalidan dan kepraktisan e-modul yang untuk siswa pada topik pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Bebandem. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang dimodifikasi terdiri dari fase Define, Design, Develop. Penelitian dilakukan dengan membagikan angket kepada ahli, guru biologi, dan siswa. Data yang diperoleh merupakan data kuantitatif berupa penilaian dari guru ahli, dosen biologi, dan siswa. Data penelitian kemudian dianalisis menggunakan rumus uji validitas dan Kepraktisan. Mengacu pada hasil analisis data dan pembahasan uji validitas diperoleh rata-rata 90% yang berarti e-modul yang dikembangkan sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil analisis data dan pembahasan pada saat tes kepraktisan aktual mencapai rata-rata 88,14% yang berarti e-modul yang dikembangkan terbukti sangat praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran biologi pada topik pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-modul, Pencemaran Lingkungan, Research and Development (R&D)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Ni Wayan Anggi Sri Wahyuni
Date Deposited: 25 Oct 2023 01:39
Last Modified: 25 Oct 2023 01:39
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17443

Actions (login required)

View Item View Item