Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampunan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ipa

Febriyanti, Dinda Dwi (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampunan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ipa. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129071014-COVER.pdf

Download (978kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129071014-ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129071014-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129071014-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129071014-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129071014-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129071014-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129071014-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129071014-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini berbasis discovery learning yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa, pada mata pelajaran IPA. Pengembangan produk multimedia berbasis discovery learning ini menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu analyze, design,development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII 1 di SMP Negeri 3 Banjar dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesiober/angket, dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tes kemampuan berpikir kritis didapatkan data skor-skor pretest 67,81 dan skor posttest 86,09 kemudian dilakukan uji-t dengan taraf signifikasi 5% (α=0,05). Hasil uji beda antara skor-skor posttest dan pretest dengan uji-t menunjukkan bahwa t = -22,07 dengan angka signifikansi sig = 0,001 yang lebih kecil dibandingkan dengan 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata post test (M= 86,09 dan SD = 10,13 ) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pre test (M = 67,81 dan SD = 12,24). Karena nilai skor posttest lebih besar dari skor pretest, maka artinya ada perbedaan rata-rata antara pretest dan posttest. Nilai rata-rata skor pretest yang diperoleh lebih kecil dibandingkan dengan nilai rata-rata skor posttest (0,001< 0,05). Dengan ini dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan multimedia interaktif berbasis discovery learning dengan sebelum menggunakan multimedia interaktif berbasis discovery learning. (2) Dilihat dari konversi nilai keterampilan berpikir kritis di SMP Negeri 3 Banjar, nilai rata-rata nilai pretest sebesar 67,81 dan nilai posttest peserta didik sebesar 86,09 Berdasarkan PAP, nilai posttest siswa berkualifikasi Baik dan berada di atas nilai KKM mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital sebesar 70. Melihat rerata atau mean posttest yang lebih besar dari nilai rerata atau mean pretest, dapat diketahui bahwa konten multimedia inetraktif berbasis discovery learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: multimedia pembelajaran interaktif, discovery learning, kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: Dinda Dwi Febriyanti
Date Deposited: 18 Oct 2023 09:20
Last Modified: 18 Oct 2023 09:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17515

Actions (login required)

View Item View Item