PROFIL PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG SEBAGAI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD SARASWATI 5 DENPASAR

Aryadi, Anak Agung Putu Kusuma (2019) PROFIL PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG SEBAGAI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SD SARASWATI 5 DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512061036-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512061036-ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512061036-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512061036-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512061036-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512061036-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1512061036-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512061036-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512061036-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran ekstrakurikuler bahasa Jepang, kendala-kendala yang dihadapi, dan cara guru mengatasi kendala-kendala dalam pembelajaran ekstrakurikuler bahasa Jepang di SD Saraswati 5 Denpasar. Subjek penelitian ini adalah guru ekstrakurikuler bahasa Jepang di SD Saraswati 5 Denpasar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler bahasa Jepang di SD Saraswati 5 Denpasar meliputi pemilihan bahan ajar yang disesuaikan dengan karakteristik siswa untuk tingkat sekolah dasar. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu Grammar Translation Method (GTM). Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu diskusi, kerja kelompok kecil, lagu dan permainan, drill (Repetition Drill, Transformation Drill, dan Question and Answer Drill), pemberian tugas, dan tanya jawab. Media pembelajaran yang digunakan yaitu kartu huruf, speaker, dan telepon seluler. Kendala-kendala yang dihadapi guru dalam kegiatan ekstrakurikuler bahasa Jepang yaitu, penggunaan media pembelajaran, alokasi waktu yang terbatas, dan pengelolaan kelas dalam mengatur ketertiban siswa saat pembelajaran berlangsung. Guru mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dengan memanfaatkan media pembelajaran yang ada seperti speaker dan telepon seluler, menggambar di papan tulis atau meminta siswa untuk menggambar sebagai ganti media LCD, memberikan tugas, memberikan nasihat kepada siswa yang tidak menyimak pelajaran dengan baik dan menjadikan pembelajaran menarik dengan mengajak siswa bernyanyi dan menggambar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bahasa Jepang, ekstrakurikuler, pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Anak Agung Putu Kusuma Aryadi
Date Deposited: 21 Oct 2019 02:22
Last Modified: 21 Oct 2019 02:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item View Item