Windari, Luh Kadek Dwi (2023) THE DEVELOPMENT OF WEBSITE BASED-GAME AS ENGLISH LEARNING MEDIA FOR FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS IN SECOND SEMESTER. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1912021090-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1912021090-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912021090-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (379kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912021090-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912021090-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912021090-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1912021090-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912021090-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (458kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1912021090-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengembangkan permainan dalam bahasa inggris yang berbasis website yang ditujukan sebagai media pembelajaran untuk siswa sekolah dasar kelas 5. Lima siswa kelas lima sekolah dasar menjadi subjek dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design and Development (D&D) oleh (Richey R. & Klein, 2007). Untuk mendukung proses pembuatan produk, peneliti menggunakan ADDIE model pengembangan yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Dalam proses pengumpulan data, terdapat beberapa instrument yang digunakan diantanya panduan wawancara untuk guru, lembar observasi untuk mengamati proses pembelajaran, analisis dokumen berupa silabus dan buku, rubrik penilaian ahli pendidikan, dan kuesioner untuk guru sebagai pengguna dan siswa kelas 5 SD. Berdasarkan hasil observasi sekolah masih menggunakan metode konfensional dan kurangnya menerapkan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi. Hasil analisis silabus terdapat empat topik yang relevan untuk dikembangkan: Clothes, Farm Animal, Hobbies, Things to do on Holidays. Produk akhir yang dihasilkan dari penelitian ini berupa prorotype permainan berbasis website yang mencakup ke empat topik dan dapat diakses melalui smartphone, laptop, dan komputer. Penilaian dilakukan oleh ahli dan pengisisan kuesioner oleh pengguna untuk mengetahui kualitas produk. Hasil penilaian menunjukkan bahwa website game based dikategorikan sebagai produk yang sangat efektif dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang layak untuk siswa kelas 5 sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa inggris.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran abad 21, teknologi, gamifikasi, media pembelajaran, young learners |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Luh Kadek Dwi Windari |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 01:19 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 01:19 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/17934 |
Actions (login required)
View Item |