PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM DAN KETAHANMALANGAN TERHADAP PEMECAHAN MASALAH INFORMATIKA DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Widiantika, Made (2023) PENGARUH MODEL FLIPPED CLASSROOM DAN KETAHANMALANGAN TERHADAP PEMECAHAN MASALAH INFORMATIKA DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929071002-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929071002-ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929071002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (949kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929071002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929071002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929071002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929071002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929071002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (651kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929071002-LAMPIRAN.pdf

Download (708kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah informatika ditinjau dari ketahanmalangan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan treatment by level 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMK Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2021/2022 sebanyak 4 kelas (96 siswa). Sampel penelitian ini diambil menggunakan teknik random sampling, 4 kelas ditentukan sebagai sampel dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data ketahanmalangan dikumpulkan dengan angket, dan data kemampuan pemecahan masalah dikumpulkan dengan tes. Analisis data menggunakan uji statistik Anava Desain Factorial 2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah informatika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Flipped Classroom dan siswa yang mengikuti model pembelajaran Direct Learning (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah informatika antara siswa yang memiliki ketahanmalangan tinggi dan siswa yang memiliki ketahanmalangan rendah (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan ketahanmalangan terhadap kemampuan pemecahan masalah informatika.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Flipped Classroom, kemampuan pemecahan masalah informatika, ketahanmalangan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: MADE WIDIANTIKA
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:05
Last Modified: 27 Oct 2023 02:05
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18093

Actions (login required)

View Item View Item