Pengembangan Media Komik Webtoon dengan Pendekatan Kontekstual dalam Materi Operasi Bilangan Bulat untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP

Prawita, Ni Kadek Pretyka (2023) Pengembangan Media Komik Webtoon dengan Pendekatan Kontekstual dalam Materi Operasi Bilangan Bulat untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1913011024-COVER.pdf

Download (528kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1913011024-ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (121kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011024-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011024-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1913011024-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan mengetahui kualitas media komik yang dikembangkan dikaji dari aspek valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dilakukan hanya sampai tahap development karena berfokus kepada pengembangan produk, serta tahap evaluation dilakukan di akhir setiap tahap. Karakteristik media komik yang dikembangkan yaitu: 1) menyajikan permasalahan-permasalahan nyata dengan tokoh-tokoh bekerja sama menyelesaikannya menggunakan konsep operasi bilangan bulat sehingga siswa dapat lebih mudah dan cepat memahami konsep; 2) memiliki 6 (enam) episode; dan 3) memiliki penyajian cerita yang mengikuti tahap-tahap pendekatan kontekstual. Media komik yang dihasilkan telah teruji tingkat validitasnya menggunakan angket LORI dengan skor 4,5 dari ahli materi yang terkategorikan “sangat valid” dan skor 4,45 dari ahli media yang terkategorikan “sangat valid”. Uji coba terbatas media komik dilakukan terhadap 32 siswa kelas VII SMP. Dari uji coba terbatas, media komik telah teruji tingkat keefektifannya dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan nilai N-Gain sebesar 0,519 yang terkategorikan “sedang”; dan telah teruji tingkat kepraktisannya menggunakan angket UEQ dengan terkategorikan “excellent” untuk semua aspek penilaian. Dengan demikian, media komik yang dikembangkan telah valid, efektif, dan praktis dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VII dalam materi operasi bilangan bulat, tetapi belum dapat diputuskan bahwa media ini dapat digunakan secara luas. Media komik ini masih memerlukan uji coba dalam skala lebih besar. Selain itu, kekurangan lain dari hasil penelitian ini adalah dalam media yang dikembangkan, tidak ada fitur interaktif, fitur yang tidak mengizinkan pengguna melihat jawaban latihan soal dari pengguna lain, dan fitur pembahasan latihan soal yang dapat dikunci menggunakan syarat kemajuan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pemahaman konsep siswa, komik digital Matematika, pendekatan kontekstual, operasi bilangan bulat
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Kadek Pretyka Prawita
Date Deposited: 26 Oct 2023 07:37
Last Modified: 26 Oct 2023 07:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18103

Actions (login required)

View Item View Item