Yana, Putu Sastra Krisna (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TEKNIK PENULISAN AKSARA BALI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1915051084-COVER)
1915051084-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (1915051084-ABSTRAK)
1915051084-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (1915051084-BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051084-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (230kB) |
|
Text (1915051084-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051084-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (1915051084-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1915051084-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (537kB) | Request a copy |
|
Text (1915051084-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051084-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (1915051084-BAB 5 PENUTUP)
1915051084-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (1915051084-DAFTAR PUSTAKA)
1915051084-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
|
Text (1915051084-LAMPIRAN)
1915051084-LAMPIRAN.pdf Download (736kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui respon guru dan siswa serta efektifitas pengembangan media pembelajaran Augmented Reality Teknik penulisan Aksara Bali. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research & Development (R&D) dengan model pengembangan MDLC (Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution). Penelitian ini dilakukan pada 13 siswa dan seorang guru yang mengampu mata pelajaran Bahasa Bali di SD Negeri 5 Pujungan. Pengumpulan data dalam penelitian ini didapatkan dengan menggunakan lembar validasi ahli, angket uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji lapangan, uji efektivitas, angket uji respon guru dan siswa. Hasil perhitungan ahli isi materi dan ahli media dengan skor masing-masing 1,00 mendapat kriteria “Sangat Tinggi”. Pengujian dari uji coba perorangan mendapat presentase skor 93,7% dengan kualifikasi “Sangat Baik”, uji coba kelompok kecil mendapat presentase skor 92,9% dengan kualifikasi “Sangat Baik”, dan uji lapangan mendapat presentase skor 94,2% dengan kualifikasi “Sangat Baik”. Uji efektivitas dengan memberikan pretest dan posttest memperoleh hasil perhitungan N-Gain 0,74 mendapat kriteria “Tinggi”. Hasil perhitungan uji respon guru mendapat rata-rata skor 49 dengan kategori “Sangat Positif”, respon siswa mendapat skor rata-rata 70,2 dengan kategori “Sangat Positif. Sehingga, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Augemted Reality teknik penulisan Aksara Bali ini mendapat kualitas produk sangat valid, sangat baik, dan sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran Augmented Reality, Aksara Bali |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | Putu Sastra Krisna Yana |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 19:01 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 19:01 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18211 |
Actions (login required)
View Item |