Pengembangan Video Edukasi Animasi 2 Dimensi "Pentingnya Literasi Keuangan Digital"

Surya, I Komang Marjaya Adi (2023) Pengembangan Video Edukasi Animasi 2 Dimensi "Pentingnya Literasi Keuangan Digital". Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1915051088-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1915051088-ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1915051088-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (175kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1915051088-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1915051088-BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1915051088-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1915051088-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1915051088-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1915051088-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada sektor keuangan menghasilkan berbagai jenis model financial technology (fintech) atau teknologi keuangan. Salah satu model fintech yang sering ditemui saat ini adalah pinjaman dalam jaringan (pindar) atau peer to peer (P2P) Lending. Industri pindar di Indonesia mengalami kemajuan yang signifikan beberapa tahun ke belakang, hal ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor. Kemudahan akses Pindar harus dibarengi dengan pemahaman literasi keuangan yang baik, sehingga berbagai jenis platform pindar yang ada saat ini dapat digunakan untuk membantu kesejahteraan keuangan masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video edukasi animasi 2 dimensi yang menarik sebagai salah satu sumber media alternatif untuk memberikan edukasi dan informasi terkait pentingnya literasi keuangan digital. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 tahapan yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Video Edukasi Animasi 2 Dimensi “Pentingnya Literasi Keuangan Digital” telah diuji kemenarikan kontennya kepada penonton berdasarkan 8 indikator. Semua indikator mendapatkan interpretasi sangat baik yaitu kesan visual dan audio: 93,17%; kesan isi: 87,00%; perhatian: 84,33%; keterbacaan: 95,17%; informasi bermanfaat: 95,67%; menonton kembali: 89,00%; merekomendasikan: 87,33%; durasi: 85,33%. Hasil uji respon penonton untuk mengukur kemenarikan konten mendapat rata-rata respon sebesar 91,0% yang dikategorikan sangat menarik. Kata kunci: Animasi, Literasi, Keuangan, MDLC, Peer to Peer Lending

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Animasi, Literasi, MDLC
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: I Komang Marjaya Adi Surya
Date Deposited: 07 Dec 2023 14:11
Last Modified: 07 Dec 2023 14:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/18286

Actions (login required)

View Item View Item